STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK OLEH HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PROGRAM “MERDEKA BELAJAR”

Larasati, Maura Geraldhine Vidhany (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK OLEH HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PROGRAM “MERDEKA BELAJAR”. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-COVER_a.pdf

Download (521kB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-BAB I_a.pdf

Download (330kB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-BAB III_a.pdf

Download (292kB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-BAB V_a.pdf

Download (157kB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-DAPUS_a.pdf

Download (333kB)
[img] Text
18.M1.0149-MAURA GERALDHINE VIDHANY LARASATI-LAMP_a.pdf

Download (514kB)

Abstract

Program Merdeka Belajar merupakan program baru inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2020. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa mahasiswa di Indonesia masih minim pengetahuannya tentang program Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi public Biro Humas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk membangun pemahaman mahasiswa di Indonesia tentang program Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik Biro Humas Kemendikbudristek terkait program merdeka belajar diterapkan dengan melewati tiga tahap, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan strategi komunikasi publiknya dilakukan dengan pengenalan tren masyarakat, identifikasi tujuan komunikasi, penetapan komunikator, penentuan khalayak, penyusunan pesan, dan pemilihan media. Tahap pelaksanaan strategi komunikasi publiknya terdiri atas publikasi dan sosialisasi. Kedua bentuk komunikasi tersebut memanfaatkan media sosial, website, siaran Live, aplikasi Zoom Meeting, dan TV Edukasi. Terakhir, tahap evaluasi strategi komunikasi publiknya dilaksanakan dengan mengembangkan survei kepuasan pemangku kepentingan, pemantauan media, dan diskusi publik. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa komunikasi publik Biro Humas Kemendikbudristek terkait program merdeka belajar itu cenderung menggunakan komunikasi dua tahap, dimana Biro Humas Kemendikbudristek melakukan sosialisasi kepada khalayak key players yang nantinya dapat mempengaruhi opini dan sikap mahasiswa-mahasiswa di Indonesia Kata Kunci: Kemendikbudristek, Pemahaman, Program Merdeka Belajar, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:22
Last Modified: 01 Dec 2022 07:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30229

Actions (login required)

View Item View Item