PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL EDUKATIF: CANGKANG TELUR AYAM SEBAGAI SUMBER KALSIUM UNTUK TABUNGAN TULANG

Sukiatmodjo, Ivonne (2022) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL EDUKATIF: CANGKANG TELUR AYAM SEBAGAI SUMBER KALSIUM UNTUK TABUNGAN TULANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-COVER_a.pdf

Download (567kB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-BAB I_a.pdf

Download (424kB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-BAB III_a.pdf

Download (990kB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-BAB IV_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-BAB V_a.pdf

Download (307kB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-DAPUS_a.pdf

Download (470kB)
[img] Text
18.L1.0050-Ivonne Sukiatmodjo-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penurunan kesehatan tulang menjadi hal yang wajar dan dapat dialami oleh semua orang seiring bertambahnya usia, sehingga baik laki-laki maupun perempuan berisiko mengalami osteoporosis primer di usia lanjut. Akan tetapi, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi terkena osteoporosis akibat penurunan kepadatan tulang yang drastis di masa menopause. Di sisi lain, kurangnya asupan kalsium masyarakat Indonesia juga menjadi hal yang mempengaruhi rendahnya tabungan tulang sehat. Cangkang telur ayam dapat menjadi solusi untuk memenuhi asupan kalsium wanita muda Indonesia yang tengah membutuhkan banyak kalsium. Namun, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui potensi cangkang telur ayam bahwa kadar kalsiumnya lebih tinggi dibandingkan dengan asupan kalsium pada umumnya dan dapat dikonsumsi demi kesehatan tulang. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai data yang telah dikumpulkan, maka dibuatlah perancangan kampanye dengan media utama berupa buku ilustrasi digital. Buku ilustrasi digital ini bertujuan untuk mengedukasi wanita usia 20-30 tahun agar dapat memahami konsumsi cangkang telur ayam sebagai sumber kalsium alami untuk menyiapkan tabungan tulang sehat, sekaligus memberikan awareness terkait rendahnya asupan kalsium dan tingginya risiko osteoporosis. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan target memiliki kesadaran dan wawasan baru sehingga mereka merasa tergerak untuk ikut mengolah serta mengkonsumsi cangkang telur demi kesehatan tulang. Selain itu, target juga diharapkan berkenan untuk membagikan pengalaman mereka kepada masyarakat luas mengenai pengolahan maupun konsumsi cangkang telur yang telah mereka coba terapkan setelah memahami isi dari buku digital. Kata Kunci: DKV, Kampanye, IMC, Cangkang telur ayam, Kalsium

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 Nov 2022 00:25
Last Modified: 14 Nov 2022 00:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item