EVALUASI MENU DI DUA PANTI WREDA KOTA SEMARANG DENGAN METODE AQPC (QUALITATIVE EVALUATION OF MENU COMPONENTS). MENU EVALUATION IN TWO NURSING HOMES, SEMARANG, USING AQPC (QUALITATIVE EVALUATION OF MENU COMPONENTS) METHOD

KHODIYAT, KHO, ALODIA JOVITA (2022) EVALUASI MENU DI DUA PANTI WREDA KOTA SEMARANG DENGAN METODE AQPC (QUALITATIVE EVALUATION OF MENU COMPONENTS). MENU EVALUATION IN TWO NURSING HOMES, SEMARANG, USING AQPC (QUALITATIVE EVALUATION OF MENU COMPONENTS) METHOD. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - BAB 1_1.pdf

Download (683kB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - BAB 2_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - BAB 3_1.pdf

Download (594kB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - BAB 4_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - BAB 5_1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (682kB)
[img] Text
21.I1.0124-Kho, Alodia Jovita Khodiyat - LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelompok usia lanjut dipandang sebagai yang paling berisiko dalam kesehatan akibat meningkatnya disabilitas fungsionalitas fisik. Seiring bertambahnya usia, tubuh mulai mengalami kemunduran seperti penurunan fungsi indra, yang dapat menurunkan nafsu makan lansia. Bersamaan dengan perubahan pada sistem pencernaan, juga kondisi psikologis, ekonomi, dan sosial, kesehatan nutrisi lansia dapat melemah, sehingga meningkatkan risiko malnutrisi. Hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes RI pada tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi tertinggi dari malnutrisi ditemukan pada lansia, dengan 32,4 % lansia dikategorikan kurus dan 31,2% lansia dikategorikan obesitas, serta risiko malnutrisi pada wanita lansia lebih tinggi dibandingkan pria. Oleh karena itu, asupan makanan sangat penting untuk mencegah malnutrisi pada lansia, sehingga perlu ada evaluasi menu untuk memastikan hidangan yang disajikan menunjang kesehatan sekaligus preferensi lansia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi menu di dua panti wreda di Kota Semarang. Penelitian dilakukan di panti Rela Bhakti Kota Semarang cabang Ronggowarsito (Panti A) dan Genuk (Panti B), yang merupakan panti wreda khusus lansia wanita. Metode yang digunakan adalah AQPC, yakni mengevaluasi menu secara kualitatif dengan mengategorikan daftar menu 31 hari berdasarkan frekuensi aspek positif yang meliputi buah-sayur dan pangan sumber kalsium, serta frekuensi aspek negatif meliputi warna monoton, kudapan manis, gorengan, dan lauk berlemak tinggi, dalam skala sangat sering hingga sangat jarang. Hasil penelitian menunjukkan, frekuensi penyajian buah pada kedua panti sangat jarang, sedangkan frekuensi penyajian gorengan dan kudapan manis pada kedua panti sangat sering. Menu dengan warna monoton lebih sering disajikan pada Panti A, dan hidangan sayur lebih sering disajikan pada Panti B. Kemudian, kedua panti sangat sering menyajikan susu sebagai pangan sumber kalsium, kemudian tempe-tahu, roti marie, bayam, ikan, crackers, dan roti keju. Dapat disimpulkan bahwa menu kedua panti masih perlu meningkatkan hidangan buah, memvariasi dan mengombinasikan penyajian pangan sumber kalsium, serta mengurangi gorengan, lauk tinggi lemak, dan kudapan manis, juga warna monoton dengan melakukan variasi pengolahan atau menambahkan pemanis. Agar memudahkan perancangan menu sehat dan mencapai format menu yang baik, dapat dilakukan pencatatan bahan makanan dan mengelompokkannya berdasarkan jenis, sehingga bisa dikombinasikan dan mencegah pengulangan sekaligus meningkatkan variasi, yang membantu mencapai keseimbangan zat gizi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Quality
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2022 09:20
Last Modified: 26 Oct 2022 09:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30019

Actions (login required)

View Item View Item