Review Interaksi Senyawa Antioksidan Teh dengan Makronutrien dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Antioksidan. Review of Interaction between Antioxidant Compounds in Tea with Macronutrients and Their Effects on Antioxidant Activity

VIRGINIA, BELLA LALITA (2022) Review Interaksi Senyawa Antioksidan Teh dengan Makronutrien dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Antioksidan. Review of Interaction between Antioxidant Compounds in Tea with Macronutrients and Their Effects on Antioxidant Activity. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-COVER_1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-BAB 1_1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-BAB 2_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-BAB 3_1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-BAB 4_1.pdf

Download (589kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-BAB 5_1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-BAB 6_1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-DAPUS_1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
18.I1.0137-BELLA LALITA VIRGINIA-LAMPIRAN_1.pdf

Download (164kB)

Abstract

Teh memiliki banyak kandungan senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan dari teh yang sudah berada dalam tubuh manusia akan berinteraksi dengan komponen makanan lainnya seperti protein, lemak, dan karbohidrat sehingga memberikan efek kesehatan yang berbeda. Pada penelitian ini akan diulas interaksi senyawa antioksidan pada teh dengan tambahan berupa gula dan susu. Penelitian mengenai interaksi antara senyawa antioksidan dari berbagai sumber pangan dengan komponen makronutrien makanan seperti protein, lemak, dan karbohidrat sudah banyak dilakukan dan diulas oleh para peneliti terdahulu namun belum berfokus pada senyawa antioksidan yang berasal dari teh hijau dan teh hitam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengulas (review) interaksi yang terjadi antara senyawa antioksidan pada teh hijau dan teh hitam dengan komponen makanan berupa lemak, protein, dan karbohidrat pada gula dan susu, serta dampaknya pada aktivitas antioksidan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data publikasi hasil penelitian dan review terdahulu untuk mendapatkan rumusan masalah dan tujuan penelitian, menganalisis kesenjangan, mengumpulkan data untuk lebih mendalami masalah secara terperinci, menyaring data yang sesuai dengan topik penelitian, kemudian melakukan analisis data yang telah dikumpulkan. Hasil dari review ini menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dari interaksi antara teh dengan susu atau gula dipengaruhi oleh empat faktor yaitu jenis polifenol teh, jenis susu atau gula yang ditambahkan, penambahan konsentrasi susu atau gula yang ditambahkan, dan metode yang digunakan untuk menguji aktivitas antioksidan. Interaksi antara teh dengan susu atau gula dapat terjadi melalui ikatan hidrofobik atau hidrofilik yang tergantung pada karakteristik struktur dari senyawa polifenol pada teh. Interaksi teh dengan jenis susu skim (tanpa lemak) memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis susu murni. Sukrosa yang ditambahkan ke dalam teh hijau atau teh hitam menurunkan aktivitas antioksidan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa efek kesehatan dari teh hijau dan teh hitam akan maksimal manfaatnya jika aktivitas antioksidan tidak dipengaruhi oleh bahan tambahan pangan seperti susu dan gula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Quality
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:02
Last Modified: 26 Oct 2022 06:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29981

Actions (login required)

View Item View Item