HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA MANIK HARGO SUKOREJO

Kurniawati, Yustina Evi (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA MANIK HARGO SUKOREJO. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-BAB I_a.pdf

Download (327kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-BAB III_a.pdf

Download (422kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-BAB IV_a.pdf

Download (504kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-BAB V_a.pdf

Download (416kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-BAB VI_a.pdf

Download (291kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-DAPUS_a.pdf

Download (492kB)
[img] Text
17.E1.0189-Yustina Evi Kurniawati-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa yang tinggal di Asrama Manik Hargo Sukorejo. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa”. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP yang tinggal di Asrama Manik Hargo Sukorejo. Jumlah keseluruhan subjek adalah 40 siswa. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah skala dukungan sosial orang tua dan skala motivasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Hasil uji hipotesis hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa yang tinggal di Asrama Manik Hargo Sukorejo memperoleh nilai koefisien sebesar 0,578 dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Sehingga hasil tersebut memiliki hubungan yang positif yang sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima dengan sumbangan efektif yang diberikan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 33,4 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 10 Oct 2022 05:58
Last Modified: 10 Oct 2022 05:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item View Item