PENGEMBANGAN STRATEGI ALTERNATIF USAHA PADA BISNIS K-POP MERCHANDISE MYJOEALAN_ MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

SEPTYANI, FENTY KRISTA (2022) PENGEMBANGAN STRATEGI ALTERNATIF USAHA PADA BISNIS K-POP MERCHANDISE MYJOEALAN_ MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-COVER_a.pdf

Download (642kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-BAB I_a.pdf

Download (750kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-BAB III_a.pdf

Download (426kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-BAB IV_a.pdf

Download (983kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-BAB V_a.pdf

Download (289kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-DAPUS_a.pdf

Download (509kB)
[img] Text
17.D1.0229-FENTY KRISTA SEPTYANI-LAMP_a.pdf

Download (673kB)

Abstract

Myjoealan_ adalah usaha yang bergerak di bidang merchandise Idol K-Pop yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Penjualannya dilakukan melalui sosial media seperti Whatsapp dan Instagram serta melalui platform e-commerce yaitu Shopee dan Tokopedia. Berikut akun media social dan penjualan album di bisnis K-pop Myjoealan_. Dalam usahanya di penjualan produk Myjoealan_ masih kerap menghadapi beberapa masalah. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh bisnis Myjoealan_ seperti masalah pengembangan bisnis Myjoealan_ serta kepercayaan konsumen terhadap penjualan Album dan merchandise di dalam bisnis MyJoealan_ dalam sistem pre-order secara online. Sebagai bisnis baru bisnis merchandise K-pop pemilik atau owner harus menyusun strategi yang baik agar dapat bertahan dalam persaingan di bidang usaha ini. Pengembangan strategi ini dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menyatakan bahwa berdasarkan analisis deskriptif yang telah ditunjukkan oleh responden Myjoealan_ bahwa IFAS menunjukkan 3,19 dan EFAS menunjukkan pada angka 3,28 sehingga IE yang terbentuk dari perpotongan IFAS dan EFAS yaitu pada kuadran I dari keseluruhan kuadran IE. Pada kuadran I membutuhkan mengembangkan dan membangun (grow and build). Berdasarkan analisis SWOT akan menghasilkan strategi pengembangan usaha sebagai berikut : SO dengan lebih aktif di sosial media dengan membuat konten yang lebih menarik customer. Untuk WO Dapat mengakses web Korea secara langsung tanpa menggunakan jasa checkout web sehingga meminimalisirin pengeluaran dan penjual dapat menentukan harga lebi rendah dan menambah variasi produk dari idol grup lainnya. Selanjutnya ST strategies dengan memperkuat usaha melalui kelebihan Myjoealan_ dan menetapkan harga produk agar dapat bersaing. WT Strategies dengan penggunaan akses ke web Korea secara langsung tanpa jasa checkout dan menjual produk dari idol grup lainnya yang sedang diminati banyak penggemar K-pop.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:05
Last Modified: 29 Sep 2022 06:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item View Item