PENGARUH COMPUTER SELF-EFFICACY DAN KARAKTERISTIK SISTEM TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN E-LEARNING MAHASISWA AKUNTANSI UNIKA SOEGIJAPRANATA

APRELE, FELLICIA (2022) PENGARUH COMPUTER SELF-EFFICACY DAN KARAKTERISTIK SISTEM TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN E-LEARNING MAHASISWA AKUNTANSI UNIKA SOEGIJAPRANATA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-COVER_a.pdf

Download (511kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-BAB I_a.pdf

Download (244kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-BAB III_a.pdf

Download (219kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-BAB IV_a.pdf

Download (511kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-BAB V_a.pdf

Download (162kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-DAPUS_a.pdf

Download (283kB)
[img] Text
18.G1.0115-FELLICIA APRELE-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semenjak adanya pengumuman kasus positif Covid-19, pemerintah berusaha untuk mencegah penyebaran virus ini dengan berbagai cara, hampir seluruh aspek dalam kehidupan ini terkena dampaknya, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran dalam rangka pencegahan penularan virus ini, yaitu, dengan mengubah sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi daring. Perubahan proses pembelajaran dari luring menjadi daring dengan menggunakan e-learning ini juga dialami oleh mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Katolik Soegijapranata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas proses pembelajaran e-learning dari dua sisi, yaitu dari sisi kemampuan mahasiswa yang diwakilkan dengan variabel computer self-efficacy dan juga dari sisi teknisnya yang diwakilkan dengan variabel karakteristik sistem. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata yang mengikuti kelas full daring, selain yang mengambil mata kuliah skripsi di semester ganjil 2021/2022. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 214 responden yang didapat dengan pengukuran menggunakan purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa computer self-efficacy memberi pengaruh yang positif terhadap efektivitas proses pembelajaran e-learning mahasiswa Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata, dan juga karakteristik sistem memberi pengaruh positif terhadap efektivitas proses pembelajaran e-learning mahasiswa Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata tetapi tidak signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:52
Last Modified: 24 Jun 2022 06:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28852

Actions (login required)

View Item View Item