EFEKTIVITAS HIDROLISIS ENZIMATIS KOLAGEN DALAM MENINGKATKAN BIOAVAILABILITAS KOLAGEN SEBAGAI BAHAN PANGAN FUNGSIONAL: STUDI LITERATUR

SANJAYA, RACHELITA AGNES (2022) EFEKTIVITAS HIDROLISIS ENZIMATIS KOLAGEN DALAM MENINGKATKAN BIOAVAILABILITAS KOLAGEN SEBAGAI BAHAN PANGAN FUNGSIONAL: STUDI LITERATUR. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_COVER_a.pdf

Download (822kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_BAB I_a.pdf

Download (434kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_BAB III_a.pdf

Download (276kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_BAB IV_a.pdf

Download (391kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_BAB V_a.pdf

Download (202kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_DAPUS_a.pdf

Download (238kB)
[img] Text
18.I2.0014-RACHELITA AGNES SANJAYA_LAMP_a.pdf

Download (570kB)

Abstract

Kolagen merupakan protein pada matriks ekstraseluler utama yang berperan dalam regenerasi jaringan misalnya kulit, tulang, otot, tendon, ligamen, dan gigi. Akan tetapi, sintesis kolagen dalam tubuh manusia mengalami penurunan seiring dengan pertambahan usia. Konsumsi kolagen utuh atau kolagen triple-helix dapat meningkatkan sintesis kolagen namun sulit dicerna dan diserap oleh tubuh akibat berat molekulnya yang sangat besar yaitu sekitar 300 kDa. Beberapa penelitian membuktikan bahwa metode hidrolisis kolagen dapat menghasilkan peptida kolagen dengan berat molekul yang sangat rendah antara 3-6 kDa. Hidrolisis kolagen mampu memecah ikatan peptida dari kolagen sehingga dihasilkan peptida kolagen dengan rantai yang lebih pendek. Salah satu metode hidrolisis kolagen adalah hidrolisis enzimatis dengan menggunakan enzim kolagenase untuk memfasilitasi pemecahan ikatan peptida. Review ini akan mengulas berbagai metode hidrolisis enzimatis kolagen dari penelitian-penelitian terakhir yang paling baik dan efektif untuk menghasilkan peptida kolagen yang dapat diserap oleh tubuh manusia secara efisien. Efisiensi penyerapan peptida kolagen dinyatakan dengan waktu dan konsentrasi puncak asam amino dan peptida yang terserap ke dalam plasma darah. Efektivitas hidrolisis dinyatakan dengan derajat hidrolisis. Pada hasil studi literatur ini, peptida kolagen dengan berat molekul yang lebih rendah menyebabkan penyerapan menjadi lebih cepat dan menghasilkan konsentrasi terbesar di dalam plasma darah setelah konsumsi peptida kolagen secara oral pada manusia. Metode hidrolisis enzimatis kolagen yang dikaji untuk menghasilkan peptida kolagen dengan berat molekul rendah agar dapat secara efisien diserap tubuh adalah single enzyme, double enzyme, dan sequential hydrolysis. Metode sequential hydrolysis dapat menghasilkan angka derajat hidrolisis yang paling tinggi dengan persentase peptida kolagen dengan berat molekul rendah yang paling tinggi pula. Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil hidrolisis adalah rasio E/S, pH, suhu, durasi hidrolisis, dan pre-treatment berupa pemanasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:22
Last Modified: 21 Mar 2022 06:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28218

Actions (login required)

View Item View Item