ANALISIS PERSEPSI PEMANFAATAN DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI BERBASIS CYBER LEARNING MENGGUNAKAN KERANGKA UTAUT 2 PADA DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG

ARTDELIA, LAVINA LABITA (2022) ANALISIS PERSEPSI PEMANFAATAN DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI BERBASIS CYBER LEARNING MENGGUNAKAN KERANGKA UTAUT 2 PADA DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_COVER_a.pdf

Download (501kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_BAB I_a.pdf

Download (655kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_BAB III_a.pdf

Download (310kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_BAB IV_a.pdf

Download (591kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_BAB V_a.pdf

Download (202kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_DAPUS_a.pdf

Download (200kB)
[img] Text
16.G1.0162-LAVINA LABITA ARTDELIA_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya revolusi industri 4.0 dan liberalisasi di sektor pendidikan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia termasuk di bidang IPTEK dan pendidikan tinggi, sehingga memunculkan tantangan untuk menciptakan model pembelajaran inovatif, efektif dan efisien yang dapat menjangkau diseluruh pelosok negeri, contohnya sistem pembelajaran online (e-learning). Pemanfaatan e-learning menjadi sangat dibutuhkan sejak adanya pandemik covid-19 yang menyerang 39 negara didunia termasuk Indonesia, dan Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran untuk pemberhentian pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran online, sehingga mendorong para guru, dosen, siswa, dan mahasiswa untuk mampu menyesuaikan terkait dengan perubahan tersebut, termasuk Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang mengembangkan sistem e-learning yaitu cyber learning. Survei yang dilakukan pada 50 mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, mengungkapkan bahwa sebanyal 45,4% responden tidak berniat dan berencana untuk selalu menggunakan cyber learning dalam proses perkuliahan, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi cyber learning belum digunakan secara maksimal, atau memungkinkan masih menggunakan aplikasi lain. Pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability samplimg dengan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 387 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear dengan menggunakan alat bantu analisis program IBM SPSS versi 23. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, dan kebiasaan berpengaruh signifikan pada niat penggunaan cyber learning, sedangkan ekspektasi usaha, nilai harga, kondisi pendukung, dan motivasi hedonis tidak berpengaruh signifikan pada niat penggunaan cyber learning dosen dan mahasiswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk kedepannya bagi dosen dan mahasiswa dapat lebih memanfaatkan cyber learning disetiap fakultas dengan lebih sering menggunakannya dalam proses perkuliahan. Selain itu, sebagai upaya untuk mendukung proses pembelajaran secara daring (online) bagi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dapat memberikan penyuluhan tentang aplikasi tersebut, memberikan kemudahan dalam akses/penggunaan cyber learning seperti dapat diakses melalui handphone dalam bentuk aplikasi, memberikan kuota gratis/subsidi kuota untuk dosen maupun mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:48
Last Modified: 16 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28149

Actions (login required)

View Item View Item