STRES AKADEMIK DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MAHASISWA

Handoko, Manuela Melian (2022) STRES AKADEMIK DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MAHASISWA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_COVER_a.pdf

Download (527kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_BAB I_a.pdf

Download (244kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_BAB III_a.pdf

Download (171kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_BAB IV_a.pdf

Download (186kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_BAB V_a.pdf

Download (226kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_BAB VI_a.pdf

Download (154kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_DAPUS_a.pdf

Download (232kB)
[img] Text
17.E1.0067-Manuela Melian Handoko_LAMP_a.pdf

Download (655kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa dalam situasi pembelajaran online. Hipotesis yang diajukan adalah “Adanya hubungan negatif antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa dalam situasi pembelajaran online, dimana semakin tinggi self-efficacy yang dimiliki maka semakin rendah tingkat stres akademik yang dirasakan. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang Angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan Teknik accidental sampling yang disebarkan melalui google form. Jumlah keseluruhan subjek adalah 100 orang (47 laki-laki dan 53 perempuan). Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini adalah skala stres akademik yang dibuat dari empat gejala dari stres dan skala self-efficacy yang dibuat dari tiga dimensi dari self-efficacy. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi Product Moment. Hasil pengujian hipotesis didapatkan skor koefisien rxy sebesar -0,657, dengan taraf nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) yang berarti terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran online, dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:02
Last Modified: 16 Mar 2022 06:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28128

Actions (login required)

View Item View Item