ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PADA UMKM ROTI LAPIS LEGIT MAHAMERU

RACHMASARI, FARIYANTI ASTRIA (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PADA UMKM ROTI LAPIS LEGIT MAHAMERU. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_BAB I_a.pdf

Download (544kB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_BAB III_a.pdf

Download (408kB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_BAB V_a.pdf

Download (204kB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_DAPUS_a.pdf

Download (251kB)
[img] Text
16.D1.0120-FARIYANTI ASTRIA RACHMASARI_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Roti Lapis Legit Mahameru yang beralamat di Jalan Hawa III No.11A Halmahera Semarang Jawa Tengah merupakan salah satu usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Perlu diketahui bahwa Lapis Legit Mahameru memiliki beberapa pesaing di kota Semarang yang menjual produk spesialis yang sama yaitu lapis legit. Terdapat lima pesaing yang tersebar di wilayah kota Semarang, sehingga Lapis Legit Mahameru perlu mengembangkan strategi bisnis untuk memenangkan persaingan. Pengembangan usaha ini dilakukan dengan menganalisis analisis internal dan eksternal pada Toko Roti Lapis Legit Mahameru menggunakan matriks IE kemudian menganalisisnya menggunakan SWOT dan hasilnya akan berupa strategi pengembangan usaha bagi UMKM. Pengembangan usaha ini dilakukan dengan analisa menggunakan SWOT dan hasilnya akan berupa strategi pengembangan usaha bagi UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 pemilik, 12 karyawan (1 pengelola toko, 1 pelayan toko dan 10 karyawan produksi) dan 7 konsumen. Melihat pentingnya strategi pengembangan usaha untuk meningkatkan keunggulan bersaing UMKM Toko Roti Lapis Legit Mahameru. Kemudian digunakan Analisis Strategi Usaha Pengembangan UMKM dengan menerapkan Analisis SWOT. Analisis SWOT ini memanfaatkan kekuatan internal untuk memilih mengoptimalkannya dalam meminimalkan dan melahirkan kelemahan menjadi kekuatan. Melaksanakan promosi periklanan yang baik dan efektif secara teliti dan cermat dalam menerapkan strategi pemasaran, selain itu perusahaan roti legit Mahameru dapat melakukan strategi pengendalian mutu dan kualitas produk agar dapat memberikan promosi yang baik, sehingga tidak kalah dengan pesaing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Human resource development
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Dellani Putri
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:29
Last Modified: 24 Feb 2022 03:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item