HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA

Nariswari, Flavia Domitela Ajeng (2021) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-COVER_a.pdf

Download (599kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-BAB I_a.pdf

Download (191kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-BAB III_a.pdf

Download (142kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-BAB IV_a.pdf

Download (155kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-BAB V_a.pdf

Download (158kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-BAB VI_a.pdf

Download (124kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-DAPUS_a.pdf

Download (178kB)
[img] Text
17.E1.0204-Flavia Domitela Ajeng Nariswari-LAMP_a.pdf

Download (694kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademik dengan ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah “adanya hubungan positif antara kecemasan akademik dengan ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa”. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen dan Fakultas Bahasa dan Seni angkatan 2018 dan 2019 pada Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah keseluruhan subjek adalah 80 mahasiswa aktif. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah skala ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online dan skala kecemasan akademik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi spearman rho. Hasil uji hipotesis hubungan kecemasan akademik dengan ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa memperolehnilai koefisien rhosebesar 0,683 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) sehingga hasil tersebut memiliki hubungan yang positif yang sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima dengan sumbangan efektif yang diberikan pada kecemasan akademik terhadap ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa sebesar 46,64%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:48
Last Modified: 22 Nov 2021 03:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item