PENGEMBANGAN USAHA NUKUSALAD DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Wijendro, Yose Bantolo (2021) PENGEMBANGAN USAHA NUKUSALAD DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-BAB I_a.pdf

Download (855kB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-BAB III_a.pdf

Download (625kB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-BAB IV_a.pdf

Download (935kB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-BAB V_a.pdf

Download (285kB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-DAPUS_a.pdf

Download (289kB)
[img] Text
17.D1.0251-Yose Bantolo Wijendro-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia semakin bekembangan pesat. Pada penelitian kali ini objek penelitian yang dituju yaitu usaha Nukusalad sebagai salah satu usaha kuliner yang ada di Indonesia. Persaingan yang semakin kuat dan ketat membuat usaha Nukusalad harus berpikir lebih keras agar dapat bertahan menghadapi pesaingan bisnis dengan menggunakan perumusan strategi yang tepat. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya pengembangan usaha Nukusalad dengan menggunakan Business Model Canvas. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengembangan usaha Nukusalad berdasarkan Business Model Canvas. Pengetahuan tentang lingkungan internal dan eksternal dari usaha ini merupakan sumber utama untuk merumuskan SWOT dan BMC. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan pengisisan kuesioner ke pihak internal usaha dan pihak eksternal yaitu konsumen. Alat analisis yang akan dipakai untuk mengolah data dari lapangan adalah Matriks IFE, EFE, IE SWOT dan Business Model Canvas. Dari hasil penelitian ini bahwa Usaha Nukusalad telah memenuhi kesembilan elemen dari business model canvas. Namun, elemen bisnis di usaha Nukusalad saat ini masih memiliki kelemahan sehingga perlu menciptakan strategi yang dihasilkan dari perbaikan business model canvas seperti sering mengadakan promo dan bonus, memaksimalkan pemasaran menggunakan media online, menambah investor sebagai tambahan modal usaha, melakukan inovasi produk dan packaging, memberi bonus bagi konsumen yang setia, menargetkan konsumen dari luar kota Semarang, moderenisasi dan penambahan mesin produksi, melakukan cross promotion, menambah varian ukuran kemasan dan melakukan promosi iklan & endorsement.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Nov 2021 05:58
Last Modified: 18 Nov 2021 05:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27403

Actions (login required)

View Item View Item