RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEBSITE UNTUK IDENTIFIKASI MINAT DI PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEPRIBADIAN MELALUI UJI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI)

Aribowo, Ezra Pradipta (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEBSITE UNTUK IDENTIFIKASI MINAT DI PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEPRIBADIAN MELALUI UJI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-BAB I_a.pdf

Download (127kB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-BAB III_a.pdf

Download (374kB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-BAB IV_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-BAB V_a.pdf

Download (115kB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-DAPUS_a.pdf

Download (260kB)
[img] Text
16.N1.0020-Ezra Pradipta Aribowo-LAMP_a.pdf

Download (188kB)

Abstract

Calon mahasiswa yang belum memiliki preferensi program studi akan memiliki resiko melakukan kesalahan dalam pemilihan program studi, dimana hal tersebut berkemungkinan memiliki dampak negatif dalam perkuliahan, kehidupan sehari-hari, dan masa depan mereka. Pemilihan program studi dapat dipengaruhi berbagai macam faktor seperti keyakinan dan kepercayaan diri, rekomendasi orang tua, rekomendasi lingkungan sekitar, konsultasi, bahkan keterpaksaan dan asal memilih. Sebagian besar dari mahasiswa yang sudah mengenali minat program studi cenderung memiliki pengenalan diri yang relatif lebih tinggi dibanding mahasiswa yang belum mengenali minat program studi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa setuju bahwa dibutuhkan sebuah aplikasi web yang dapat membantu calon mahasiswa mengidentifikasi minat perguruan tinggi yang cocok berdasarkan tipe kepribadian yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Instrumen pengujian dan jenis tipe kepribadian yang digunakan adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tes MBTI yang digunakan peneliti diambil dari sebuah sumber yang tercantum pada daftar pustaka. Kecocokan dan rekomendasi MBTI dengan suatu program studi yang peneliti kaji didasari rekomendasi berdasarkan tiga lembaga yaitu Truity¸ Career Assessment Site (CAS), dan Ball State University (BSU). Aspek Psikologi dari Tes MBTI tersebut diuji pada 380 mahasiswa aktif Universitas Katolik Soegijapranata pada seluruh program studi yang ada dengan akurasi sebesar 63 persen pada kecocokan program studi. Metode rancang bangun aplikasi yang diterapkan menggunakan perancangan Use Case Diagram, Flowchart Diagram, PHP, PHPMyAdmin, HTML, JavaScript, Laravel, Apache Server, dan Bootstrap. Pengujian statistik mengenai validitas, reliabilitas, dan korelasi pada aplikasi web ini diuji terhadap 112 responden yang sebagian besar adalah mahasiswa aktif, dan dapat disimpulkan bahwa kemudahan dalam penggunaan dan manfaat yang dapat dirasakan dari aplikasi memiliki korelasi dengan keinginan dalam menggunakan aplikasi web ini di masa yang akan datang. Terdapat dua hasil dari penelitian ini, yaitu penggunaan teori Psikologi, dan aplikasi web. Pada penggunaan teori Psikologi, dapat disimpulkan bahwa tipe kepribadian mahasiswa berhubungan dan dapat menjadi acuan terhadap suatu program studi. Pada aplikasi web, dapat disimpulkan bahwa aplikasi web mampu membantu calon mahasiswa mengidentifikasi minat perguruan tinggi berdasarkan tipe kepribadian ix MBTI. Dengan demikian, calon mahasiswa bisa terbantu untuk mengenali kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian mereka, serta mendapatkan rekomendasi program studi berdasarkan masing-masing tipe kepribadian dimana hal tersebut dapat membantu calon mahasiswa mengidentifikasi minat mereka di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Oct 2021 04:31
Last Modified: 15 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27139

Actions (login required)

View Item View Item