PERANCANGAN MEDIA VISUAL PENGELOLAAN LIMBAH MASKER SEKALI PAKAI UNTUK MEMINIMALISIR PENYEBARAN VIRUS CORONA DI KOTA SEMARANG

Dani P., Vinsentya Nanda (2021) PERANCANGAN MEDIA VISUAL PENGELOLAAN LIMBAH MASKER SEKALI PAKAI UNTUK MEMINIMALISIR PENYEBARAN VIRUS CORONA DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-COVER_a.pdf

Download (797kB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-BAB I_a.pdf

Download (443kB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-BAB III_a.pdf

Download (457kB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-BAB V_a.pdf

Download (306kB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-DAPUS_a.pdf

Download (321kB)
[img] Text
17.L1.0035-Vinsentya Nanda Dani Putri-LAMP_a.pdf

Download (350kB)

Abstract

Semenjak munculnya Virus Corona, masker menjadi kebutuhan primer, salah satu jenis masker yang disarankan adalah masker sekali pakai. Banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan masker jenis ini dikarenakan masker sekali pakai memiliki proteksi yang lebih tinggi dan harga terjangkau. Seiring banyaknya pengguna masker sekali pakai, semakin banyak pula limbah masker yang menumpuk, limbah ini tanpa disadari dapat menjadi sumber infeksi atau sumber penularan Virus Corona dan pastinya akan memberikan dampak bagi kesehatan orang lain seperti masyarakat yang bekerja di tempat yang bersangkutan dengan limbah, seperti di TPA Jatibarang,Semarang yang masih sering ditemukan limbah ini dibuang tanpa dikelola. Oleh karena itu memutuhkan suatu media visual yang tepat dan memiliki stoping power yang kuat sehingga dapat menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan kesadaran untuk meminimalisir penyebaran dari sumber infeksi. Melalui studi literatur, wawancara dan observasi menyimpulkan media visual yang digunakan adalah ambient media dengan target anak muda usia (17-22 tahun), pengguna masker sekali pakai, gaya desain ilustrasi, font san serif. Ambient media ini menggunakan konsep minimalist dan warna yang digunakan yaitu warna hijau, merah dan putih. Media visual ini akan diterapkan di tempat yang berdekatan dengan kebiasaan target yaitu kafe yang berlokasi di Kota Semarang. Diharapkan dengan merancang media visual ini dapat meningkatkan kesadaran untuk mengelola limbah masker sekali pakai sebelum dibuang ke tempat sampah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:16
Last Modified: 21 Oct 2021 03:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item