WORK ENGAGEMENT PADA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN JABIREN RAYA DITINJAU DARI PERSONAL VALUES DAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS

KRISTIANI, ELISA (2021) WORK ENGAGEMENT PADA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN JABIREN RAYA DITINJAU DARI PERSONAL VALUES DAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-COVER_a.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB I_a.pdf

Download (358kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB III_a.pdf

Download (647kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB IV_a.pdf

Download (527kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB V_a.pdf

Download (475kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-BAB VI_a.pdf

Download (443kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-DAPUS_a.pdf

Download (461kB)
[img] Text
20.E3.0111-ELISA KRISTIANI-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji work engagement ditinjau dari sepuluh tipe personal values dan karakteristik demografis dengan subjek penelitian yaitu guru-guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Jabiren Raya (N=133). Data penelitian diambil dengan menggunakan Skala adaptasi Short Schwartz’s Values Survey dan skala adaptasi Utrecht Work Engagement Scale Student 17 (UWES-SS 17). Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh tipe values yang memiliki hubungan terhadap work engagement yaitu power (r=0,439;p=0,00), achievement (r=0,414;p=0,00), hedonism (r=0,483;p=0,00), stimulation (r=0,326;p=0,01), universalism (r=0,304;p=0,00), benevolence (r=0,157;p=0,03) dan tradition (r=0,175;p=0,02). Sedangkan tipe values self-direction (r=0,058;p=0,25), conformity (r=0,054;p=0,26), dan security (r=0,138;p=0,05) tidak menunjukkan hubungan dengan work engagement. Selanjutnya work engagement ditinjau dari jenis kelamin, dimana tidak terdapat perbedaan work engagement antara laki-laki dan perempuan (t=-0,567;p=0,01). Sebaliknya, work engagement ditinjau dari status sertifikasi menunjukkan adanya perbedaan antara guru yang berstatus bersertifikasi dengan guru non-sertifikasi, dimana guru yang berstatus sertifikasi memiliki tingkat work engagement yang lebih tinggi dibandingkan guru non-sertifikasi (t=1,105;p=0,00).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:04
Last Modified: 16 Jun 2021 06:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item View Item