RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS BOX TUTUP LUBANG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PERUSAHAAN DUZ CREATIVE SEMARANG

SANTOSO, JANG DENDY (2020) RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS BOX TUTUP LUBANG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PERUSAHAAN DUZ CREATIVE SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text (BAB I)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text (BAB II)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text (BAB III)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - BAB III.pdf

Download (818kB)
[img] Text (BAB IV)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - BAB V.pdf

Download (556kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.D1.0088 - JANG DENDY SANTOSO - LAMPIRAN.pdf

Download (535kB)

Abstract

Duz Creative merupakan perusahaan One Stop Service yang terdiri dari outlet/galeri serta, toko dan omah parcel yang membuat gift box, exclusive box, undangan, parcel, keranjang hias, mahar uang, tas kain dan tas kertas serta souvenir untuk pemesanan resepsi, hantaran lamaran, seserahan, ulang tahun, pernikahan, dan berbagai kerajinan tangan lainnya untuk berbagai kepentingan konsumen. Berdasarkan data produksi periode bulan September, Oktober, November 2019 diketahui produk box tutup lubang masih melebihi batas toleransi perusahaan yang sudah ditetapkan perusahaan yaitu 3% dari jumlah produksi. Untuk itu diperlukan perencanaan pengendalian kualitas produk dengan menggunakan metode six sigma untuk meningkatkan kualitas produk dan meminimalisir produk cacat yang tersusun dari model tahap DMAIC yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder perusahaan Duz Creative dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa, produk box tutup lubang perusahaan Duz Creative memiliki tingkat sigma sebesar 3.45 dengan DPMO rata – rata sebesar 25284 per sejuta produk pada bulan Desember 2019 serta Januari dan Febuari 2020. Terdapat 5 jenis kecacatan pada box tutup lubang, yaitu kertas pada box yang bergelombang, box kotor, box lecet, mika kusam dan box tidak rapi. Sumber dan akar pernyebab masalah 5 jenis kecacatan tersebut disebabkan oleh faktor manpower, material, methods, environment, di identifikasi menggunakan diagram fishbone, dan dilakukan perencanaan perbaikan menggunakan metode 5W+2H (What, Why, Where, When, Who, How, dan How Much) Adapun saran untuk perusahaan yang dapat dipertimbangkan diantaranya memberikan hukuman berupa teguran dan peringatan untuk karyawan yang teledor, membuat penjadwalan dan melakukan pembagian kerja lini produksi supaya karyawan tidak bekerja terburu –buru. Selain itu pemilik perusahaan dapat menyeragamkan alat yang digunakan dalam proses penggesutan, melakukan perbaikan layout dan merapikan tempat produksi serta terus memotivasi dan mengevaluasi karyawan secara berkala.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 May 2021 08:29
Last Modified: 26 May 2021 08:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item