DAMPAK PENYINARAN UV A TERHADAP ISOLAT BAKTERI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) JATIBARANG SEMARANG DALAM PENGURAIAN PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE)

ARIANTONO, BAGUS (2020) DAMPAK PENYINARAN UV A TERHADAP ISOLAT BAKTERI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) JATIBARANG SEMARANG DALAM PENGURAIAN PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (BAB 1)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO BAB 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB 3)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO BAB 3.pdf

Download (568kB)
[img] Text (BAB 4)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO BAB 4.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 5)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO BAB 5.pdf

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.I1.0202_BAGUS ARIANTONO LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Plastik adalah senyawa polimer dengan struktur kaku yang memiliki peranan besar dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai manfaat plastik membuat plastik sering digunakan untuk membuat berbagai macam peralatan atau produk dan pengemas bahan baku. Low Density Polyethylene (LDPE) merupakan salah satu jenis plastik sintetik biasa dipakai pada plastik pembungkus (cling wrap), produk mainan, pengemas makanan. Hal ini membuat penggunaan plastik meningkat dan berdampak pada lingkungan. Salah satu cara untuk mengurangi permasalahan plastik adalah biodegradasi menggunakan mikroorganisme yang diberi sinar UV. Sampel isolat yang digunakan adalah mikroorganisme dari tempat pembuangan akhir Jatibarang Semarang yang diperoleh dari penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan sinar UV A dapat berdampak terhadap efektivitas isolat bakteri tanah yang diperoleh dari TPA Jatibarang, Semarang dalam menguraikan plastik low density polyethylene (LDPE), mengetahui kemampuan tumbuh bakteri dengan media berisi LDPE sebagai sumber karbon dan mengetahui persentase susut bobot plastik dari proses biodegradasi dengan bakteri kontrol dan bakteri perlakuan (penyinaran UV A). Langkah pertama penelitian ini adalah dengan menumbuhkan kultur isolat bakteri tanah dari media NB ke media NA pada cawan petri. Bakteri diinkubasi selama 10 jam dan dilakukan penyinaran dengan menggunakan sinar UV A. Setelah diradiasi dengan UV A, kultur diinkubasi selama 24-36 jam. Kultur yang sudah diinkubasi dilakukan persiapan dan penyeleksian inokulum bakteri yang akan digunakan untuk mengurai plastik. Kemudian inokulum bakteri yang memilki kemampuan mengurai plastik yang tinggi dan telah diseleksi dimasukkan ke dalam botol kaca yang sudah diisi dengan Mineral Salt Medium (MSM) beserta plastik Low Density Polyethylene (LDPE) yang berukuran 1 cm x 1 cm dan diamati selama 20 dan 40 hari untuk mengetahui efektivitas penyinaran UV A terhadap kemampuan degradasi bakteri. Lembaran plastik kemudian ditimbang untuk perbandingan perubahan berat awal dan akhir selama degradasi. Larutan media MSM setelah inkubasi dilakukan uji spektrofotomeri dan McFarland. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat plastik dan nilai absorbansi setelah degradasi selama 40 hari lebih besar dibandingkan 20 hari. Hal ini menandakan bahwa bakteri masih tetap melakukan degradasi plastik LDPE sampai 40 hari. Persentasi pengurangan bobot plastik pada bakteri yang diberi perlakuan UV A memiliki angka yang lebih tinggi dibandingkan bakteri kontrol. Bakteri yang dimutasi lebih besar kemampuan degradasinya dibandingkan bakteri non-mutasi, sehingga diketahui bahwa UV A mampu memberikan dampak positif terhadap kemampuan bakteri dalam menguraikan plastic LDPE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr Dwi Purnomo
Date Deposited: 31 May 2021 03:52
Last Modified: 31 May 2021 03:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25214

Actions (login required)

View Item View Item