ANALISIS KESESUAIAN BESAR PORSI DENGAN STANDAR PORSI MENU MAIN COURSE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI VERVE BISTRO AND COFFEE BAR SEMARANG

WAHONO, BELLA BUNGA (2020) ANALISIS KESESUAIAN BESAR PORSI DENGAN STANDAR PORSI MENU MAIN COURSE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI VERVE BISTRO AND COFFEE BAR SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text (BAB I)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text (BAB II)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - BAB III.pdf

Download (741kB)
[img] Text (BAB IV)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text (BAB V)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.I2.0035 - BELLA BUNGA WAHONO - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Besar porsi dan standar porsi merupakan salah satu hal penting dalam penyelenggaraan makanan. Ketidaksesuaian standar porsi merupakan salah satu sumber kelemahan yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu baik secara internal maupun eksternal, sehingga perlu adanya pengawasan porsi makanan agar setiap porsi yang disajikan memberikan kepuasan tersendiri untuk konsumen. Tujuan penelitianini untuk mengetahui kesesuaian besar porsi makanan berdasarkan karakteristik responden dan variabel lain dengan standar porsi yang ditetapkan, untuk mengetahui hubungan antara ukuran makanan dan harga makanan terhadap kepuasan konsumen.Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2019 di Verve Bistro and Coffee Bar, Semarang dengan waktu 5 jam/ hari selama 60 hari kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan teknik pengambilan sampel purposive random sampling dengan kriteria responden laki-laki/perempuan,bersedia untuk diwawancara, berumur 18->40tahun, bersedia mengisi kuesioner dan guest comment yang diberikan, serta memesan menu salah satu main course di Verve Bistro and Coffee Bar. Berdasarkan uji pendahuluan terhadap 25 responden yang dilakukan, dari populasi yang tidak diketahui dapat dihitung jumlah sampel yang digunakan sebanyak 270 orang. Pengumpulan data dimulai dari menguji kuesioner kepada 25 responden untuk menentukan jumlah sampel, menguji pertanyaan yang ada, evaluasi penimbangan berat porsi dibandingkan dengan standar porsi yang ada, dan memberikan kuesioner kepada 300 responden untuk evaluasi tingkat kepuasan konsumen. Sebanyak 30 responden dibuang karena tidak mengisi kuesioner dengan benar dan penuh, sehingga dari 270 responden yang sudah dievaluasi kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 13.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, kesesuaian besar porsi dengan standar porsi yang ada sudah sesuai hanya pada daging mengalami penyusutan berkisar 10- 13%. Rata-rata tingkat kesesuaian responden didominasi 55,5% oleh wanita diwakili golongan usia 18-39 tahun dengan pekerjaan dan penghasilan tetap. Semakin bertambahnya usia dan pendapatan, konsumen semakin puas dengan menu yang dipesan dan merasa porsi yang disajikan cukup. Besar porsi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, jika porsi yang disajikan baik maka konsumen akan semakin puas. Variabel ukuran makanan dan harga makanan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dilihat dari hasil koefisien korelasi yang bernilai masing-masing 0,325 dan 0,361 dengan nilai signifikansi 0,000 terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah besar porsi yang disajikan sudah sesuai dengan standar porsi yang ditetapkan, hanya saja berdasarkan persepsi konsumen harga yang ada terlalu mahal untuk ukuran porsi yang sedikit. Semakin besar porsi makanan dan juga harga makanan yang disajikan terjangkau, maka konsumen akan semakin puas dengan apa yang disajikan di Verve Bistro and Coffee Bar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences)
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2021 02:17
Last Modified: 25 May 2021 02:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item View Item