PENGARUH LARUTAN RAGI ROTI INSTAN DAN MEDIA MASAK YANG BERBEDA TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK NASI JALI (Coix lacryma Jobi L.)

Hendriaswari, Patricia Mega (2020) PENGARUH LARUTAN RAGI ROTI INSTAN DAN MEDIA MASAK YANG BERBEDA TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK NASI JALI (Coix lacryma Jobi L.). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari -COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari - BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text (BAB II)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari - BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB IV)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari - BAB IV.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB V)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari -BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.I1.0042 - Patricia Mega Hendriaswari - LAMPIRAN.pdf

Download (643kB)

Abstract

Mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi nasi dari beras tanaman padi sebagai makanan pokok. Di sisi lain, pemerintah mendorong masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi aneka ragam pangan pokok lokal. Jali salah satu serealia yang dapat dikonsumsi untuk pemenuhan karbohidrat. Permasalahannya yaitu jali tersusun atas endosperma dan matriks protein yang kuat sehingga tergolong dalam serealia yang keras. Maka diperlukan pra perlakuan agar jali lebih mudah diolah dan dikonsumsi. Proses- proses yang dilakukan diduga dapat mempengaruhi karakteristik fisik, kimia, dan tingkat kesukaan nasi jali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan ragi roti instan konsentrasi (0, 5,dan 10%) sebagai media perendam dan pengaruh media masak yaitu air dan santan terhadap karakteristik fisik, kimia, dan tingkat kesukaan nasi jali. Sifat fisik nasi jali yag diamati yaitu kadar air, tingkat kekerasan dan warna, sifat kimiawi yaitu protein, lemak, dan serat pangan, dan sifat organoleptik secara rating hedonik. Pengolahan data fisik dan kimiawi menggunakan uji One Way Annova dan uji independent t- test. Pada pengolahan data organoleptik menggunakan pengolahan data Kruskall Wallis dilanjutkan dengan Mann Whitney pada atribut sensori yang menghasilkan perbedaan nyata. Dalam karakteristik fisik nasi jali, perendaman dalam larutan ragi roti instan tidak berpengaruh pada perbedaan kadar air nasi jali. Ragi roti instan dapat menurunkan tingkat kekerasan nasi jali. Santan dapat menurunkan tingkat kekerasan nasi jali namun tidak signifikan. Peningkatan konsentrasi larutan ragi roti instan dan penambahan santan membuat warna nasi jali menjadi lebih kecoklatan. Secara kimiawi, larutan ragi roti instan tidak menyebabkan perbedaan kadar protein dan kadar lemak. Penambahan santan berpengaruh pada peningkatan kadar lemak. Santan dapat meningkatkan kesukaan terhadap rasa, aroma, dan atribut keseluruhan nasi jali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2021 01:48
Last Modified: 25 May 2021 01:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item