HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Wiguno, Tan, Novita Wulan Setyawati (2020) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text (BAB I)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB II)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB V)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB VI)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - BAB VI.pdf

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.40.0062 - Tan, Novita Wulan Setyawati Wiguno - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar pada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar, semakin tinggi pola asuh demokratis maka semakin tinggi kemandirian belajar yang dimiliki, demikian pula sebaliknya. Penelitian dilakukan dengan studi populasi pada 85 orang siswa SMP kelas VIII di SMP Kristen YSKI, Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala pola asuh demokratis dan skala kemandirian belajar. Hasil analisis data dengan teknik korelasi Product Moment diperoleh hasil rxy sebesar 0,268 dimana p < 0,01. yang berarti ada hubungan positif sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar, semakin tinggi pola asuh demokratis maka semakin tinggi pula kemandirian belajar. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima dan memberikan sumbangan efektif pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar sebesar 7,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Parenting
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 16 May 2021 04:09
Last Modified: 16 May 2021 04:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item View Item