Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi

Setiawan, Andreas Dikcy (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - COVER.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - BAB IV.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
16.G1.0073 - Andreas Dikcy Setiawan - LAMPIRAN.pdf

Download (947kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman mahasiswa dalam memahami akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional dijabarkan menjadi 5 variabel independen yaitu: pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 responden dari 4.149 populasi dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa akuntansi semester akhir universitas swasta akreditasi A di Kota Semarang yang telah menyelesaikan semua mata kulitah yang berhubungan dengan akuntansi, yaitu : AP 1, AP 2, AKM 1, AKM 2, AKM 3, AKL 1, AKL 2, Teori akuntansi, Pengauditan 1, Pengauditan 2. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan convenience sampling. Penguiian hipotesis dilakukan dengan melakukan regresi berganda. Dari hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil Uji F menyatakan bahwa secara simultan variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Hasil Uji R menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi sebesar 16.6% dan sisanya pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya. Hasil Uji T Penelitian ini membuktikan bahwa variabel pengenalan diri dan motivasi berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan, variabel pengendalian diri, empati, dan keterampilan sosial tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Diharapkan dari penelitian ini program studi akuntansi dapat menerapkan materi kecerdasan emosional terhadap mahasiswa akuntansi agar kecerdasan emosional mahasiswa akuntansi terbentuk secara baik untuk lebih optimal dalam memahami akuntansi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 May 2021 02:05
Last Modified: 14 May 2021 02:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item