PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP KEJUJURAN DENGAN INTENSITAS EMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Clalista, Clara (2020) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP KEJUJURAN DENGAN INTENSITAS EMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.G1.0124_COVER.pdf

Download (438kB)
[img] Text (BAB 1)
16.G1.0124_BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2)
16.G1.0124_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB 3)
16.G1.0124_BAB 3.pdf

Download (356kB)
[img] Text (BAB 4)
16.G1.0124_BAB 4.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB 5)
16.G1.0124_BAB 5.pdf

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0124_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G1.0124_LAMPIRAN.pdf

Download (758kB)

Abstract

Elemen dalam organisasi yang cukup penting untuk diperhatikan dalam sebuah organisasi adalah anggaran. Penyusunan anggaran yang dilakukan dalam sebuah organisasi seringkali dilakukan dengan cara yang melibatkan partisipasi dari seluruh anggota dalam perusahaan disebut dengan anggaran partisipatif. Seringkali hal ini dimanfaatkan oleh bawahan yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pelaporan anggaran, salah satunya adalah terciptanya kesenjangan (slack) anggaran. Mengingat akibat buruk dari terjadinya kesenjangan anggaran, maka penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa salah satu faktor terjadinya kesenjangan anggaran adalah asimetri informasi. Setiap perusahaan menginginkan setiap anggotanya untuk menaati norma kejujuran, khususnya dalam proses penyusunan anggaran partisipatif dan intensitas emosi negatif diduga mampu memprediksi kejujuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh asimetri informasi terhadap kejujuran dan membuktikan pengaruh intensitas pengaruh moderasi. Dalam penelitian ini, kami menggunakan asimetri informasi sebagai variabel kontrol. Partisipan penelitian adalah 97 mahasiswa S1 akuntansi yang mengikuti mata kuliah akuntansi manajemen pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Sumber data berupa data primer, diperoleh melalui eksperimen dan angket. Penelitian ini menggunakan uji ANOVA dan analisis regresi moderasi (MRA) untuk menganalisis data. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang lebih jujur pada kondisi asimetri informasi rendah, dan intensitas pengaruh memperlemah hubungan asimetri informasi dan kejujuran, tetapi pengaruh positif lebih kuat daripada pengaruh negatif. Temuan dalam penelitian ini memberikan dukungan yang digunakan bagi perusahaan agar berhati-hati agar tidak menciptakan kondisi asimetri informasi yang dapat menyebabkan bertambahnya individu menjadi tidak jujur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:22
Last Modified: 23 Apr 2021 04:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24610

Actions (login required)

View Item View Item