KARAKTERISTIK AUDITOR INTERNAL, EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL DAN PENGARUH MANAGEMEN SENIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN DI KOTA SEMARANG

Vanadya, Melvina (2020) KARAKTERISTIK AUDITOR INTERNAL, EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL DAN PENGARUH MANAGEMEN SENIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB III)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB IV)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - BAB IV.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB V)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G1.0132 Melvina Vanadya - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Efektivitas audit internal sebagai konsep berbasis risiko yang membantu organisasi untuk mencapai tujuannya dan secara positif mempengaruhi kualitas tata kelola perusahaan, dan dianggap memberikan layanan kepada perusahaan tersebut. Auditor internal diharapkan mampu memeriksa dan mengevaluasi aktivitas-aktivitas yang ada di perusahaan, dan menentukan tingkat efektivitas dan efisiensi dari kegiatan operasional perusahaan. Sehubungan dengan sektor publik, tujuan inti dari audit internal adalah untuk membantu sektor publik untuk mencapai tujuannya, yakni melalui pendekatan yang tertib dan disiplin. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan efektivitas dari audit internal itu sendiri, karena audit internal perusahaan dianggap bagian paling penting dalam bidang tata kelola perusahaan. Karakteristik auditor internal menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi efektifitas audit internal, selain itu pengaruh managamen senior sebagai variabel moderating. Dalam penelitian sebelumnya, terlihat adanya inkonsisten dari hasil penelitian yang meneliti interaksi antara pengaruh managemen senior terhadap efektifitas audit internal. Dari uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali apakah terdapat hubungan yang signifikan pada karakteristik auditor internal terhadap efektifitas audit internal dan pengaruh managemen senior sebagai variabel moderating. Populasi yang digunakan dalam enelitian ini adalah managemen senior yang sedang bekerja pada perusahaan manufaktur dan jasa di Kota Semarang yang terdaftar dalam Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2016. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah pengambilan sample yang bertujuan (Purposive Sampling). Kuesioner yang disebar berjumlah 86 kuesioner, sedangkan yang dapat diolah berjumlah 47 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa karakteristik auditor internal tidak berpengaruh terhadap efektifitas audit internal dan pengaruh managemen senior gagal memoderasi hubungan antara karakteristik auditor internal dengan efektifitas audit internal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Auditing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:46
Last Modified: 23 Jun 2020 03:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item