Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-bisnis di Usaha Kecil dan Menengah Semarang

Handoyo, Nathania (2020) Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-bisnis di Usaha Kecil dan Menengah Semarang. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text (BAB I)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB III)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.G1.0008 NATHANIA HANDOYO - LAMPIRAN.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh karakteristik sistem informasi terhadap kepuasan pengguna e-bisnis di usaha kecil dan menengah Semarang (UKM). Fitur dari model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean dipelajari dengan menguji pengaruh karakteristik sistem pada penggunaan sistem dan pada kepuasan pengguna terkait dengan kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan, serta menilai manfaat bersih untuk individu dan organisasi (DeLone & McLean, 2004). Social Cognitive Theory (SCT) berasal dari Social Learning Theory (SLT) dan mendefinisikan konstruksi psikologi sosial dari perilaku manusia sebagai interaksi dinamis dan timbal balik dari faktor pribadi, perilaku, dan lingkungan (Bandura, 1997). Dengan demikian, kepercayaan pengguna dan ekspektasi internal pada aplikasi komputer adalah masalah kritis untuk implementasi sistem informasi. Namun, ketika mempertimbangkan efek karakteristik sistem informasi pada faktor kesuksesan e-bisnis UKM, konstruksi psikologis juga dibentuk dan digunakan untuk memandu tindakan manusia. Sampel penelitian ini adalah 125 UKM Semarang. Dengan menggunakan Partial Least Square (PLS), hasil penelitian (1) Kualitas informasi berpengaruh positif terhadap ekspektasi hasil dan self-efficacy komputer. (2) Kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap ekspektasi hasil dan self-efficacy komputer. (3) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap ekspektasi hasil dan self-efficacy komputer. (4) Self-efficacy komputer berpengaruh positif terhadap ekspektasi hasil dan kepuasan pengguna. (5) Ekspektasi hasil berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:58
Last Modified: 24 Sep 2020 02:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item