RESILIENSI PADA REMAJA SMA PERANTAU

Prima, Sesilia Venandita Dianta (2019) RESILIENSI PADA REMAJA SMA PERANTAU. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text (BAB I)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB III)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB V)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.E1.0187 Sesilia Venandita DP - LAMPIRAN.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi pada remaja dari luar pulau Jawa yang sedang merantau ke Pulau Jawa untuk melanjutkan sekolah pada tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi pengambilan data dilakukan di kota Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu remaja SMA yang berasal dari luar pulau Jawa dan tinggal di kos-kosan minimal satu tahun dan tidak memiliki keluarga di tanah rantau. Data yang dikumpulkan menggunakan metode pengumpulan data observasi dan wawancara tidak terstruktur. Peneliti menggunakan karakteristik resiliensi sebagai variabel dalam penelitian ini, yaitu ketekunan (perseverance), ketenangan hati (equanimity), hidup yang berarti (meaningfullness), kepercayaan diri (self reliant) dan kesendirian eksistensial (existential aloness). Hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan resiliensi dari ketiga subjek yang pertama yaitu menelepon atau video call dengan orang tua untuk melepas rasa rindu dengan orang tua, sama-sama mencoba untuk meningkatkan pergaulan di lingkungan sosial. Persamaan resiliensi untuk subjek R dan N yaitu mencontoh teman-teman yang sudah rajin dan inisiatif terhadap tugas sekolah untuk mengubah sifat malas yang melekat di diri mereka menjadi lebih rajin terhadap sekolah. Perbedaan resiliensi dari setiap subjek yaitu bagaimana cara mereka mengisi rasa kesepian dan kebosanan yang dialami ketika lagi sendirian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Adolescence
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:17
Last Modified: 23 Sep 2020 08:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item