FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PUSAT KOTA SEMARANG

Fatiaadita, Jihaninda (2019) FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PUSAT KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _BAB 1.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _BAB 4.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _BAB 5.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _DAPUS.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.A1.0027_ JIHANINDA FATIAADITA _LAMPIRAN.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia yang didalamnya meliputi pendidikan non formal dan pendidikan formal. Pendidikan non formal berupa Tempat Penitipan Anak (TPA) dan Kelompok Bermain (KB), sedangkan pendidikan formal berupa Taman Kanak-Kanak (TK). PAUD sendiri ditujukan untuk anak usia sejak lahir atau 0 – 6 tahun dengan tujuan untuk memerikan pendidikan agar pertumbuhan dan perkembangan baik dan anak siap untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Orang tua muda saat ini banyak yang bekerja baik laki-laki maupun perempuan, sehingga banyak yang meninggalkan anaknya dan dititipkan di keluarga maupun pengasuh. Seiring berjalannya waktu dengan banyaknya kasus tidak menyenangkan yang dilakukan pengasuh terhadap anak membuat banyak orang tua saat ini lebih memilih untuk menitipkan anaknya di tempat penitipan anak agar anak mendapatkan pembelajaran yang lebih baik untuk tumbuh kembangnya. Bangunan PG / TK saat ini juga sudah banyak yang jadi satu dengan bangunan tempat penitipan anak, hal ini guna mempermudah orang tua dalam jenjang pendidikan yang lanjut untuk anaknya, karena biasanya anak-anak yang dititipkan di tempat penitipan anak yang sama dengan bangunan PG / TK, maka untuk jenjang pendidikan PG / TK akan melanjutkan di tempat yang sama. PAUD kebanyakan letaknya berada di daerah permukiman yang dekat dengan rumah, namun pada projek Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini di Pusat Kota Semarang ini berada di daerah perkantoran dengan tujuan untuk memudahkan orang tua saat mengontrol anak karena dekat dengan tempat kerja mereka dan supaya lebih dekat dengan orang tua. Tujuan dari perancangan ini yaitu guna menciptakan suatu rancangan bangunan PAUD yang dapat menarik bagi anak bail dalam bentuk maupun penataannya. Dalam mengatur bentuk dan penataan yang ada di bangunan PAUD juga harus memperhatikan psikologis anak agar anak dapat merasakan kenyamanan dan keselamatan saat berada di dalam bangunan dan supaya anak betah saat berada di dalam bangunan PAUD ini. Lokasi Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini ini berada di daerah Pusat Kota yang rata-rata bangunannya berupa bangunan perkantoran maupun perdagangan dan jasa, serta harga tanah yang berada di lokasi Pusat Kota ini memiliki harga yang tinggi makan luas tapak pada bangunan terbatas. Dengan lahan yang terbatas maka perlu diperhatikan penataan ruangan yang ada dalam bangunan agar fungsi ruang tersebut dapat terpenuhi pada lahan yang terbatas. Tampilan pada bangunan PAUD sendiri juga dibedakan dengan bangunan yang ada di sekitarnya yang rata-rata bangunan perkantoran serta perdagangan dan jasa, sehingga dibuat pembeda agar dapat membedakan antara bangunan PAUD dengan bangunan yang ada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Educational Buildings > School Buildings
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Ms Agustin Hesti Pertiwi
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:55
Last Modified: 23 Sep 2020 03:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21299

Actions (login required)

View Item View Item