HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN PENGUJIAN BIVARIATE PROBIT MODEL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN LSD FURNITURE SEMARANG

SANTOSO, HANSEN (2009) HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN PENGUJIAN BIVARIATE PROBIT MODEL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN LSD FURNITURE SEMARANG. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
07.90.0021 Hansen Santoso Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V 1)
07.90.0021 Hansen Santoso BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2)
07.90.0021 Hansen Santoso BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
07.90.0021 Hansen Santoso BAB 3.pdf

Download (457kB)
[img] Text (BAB 4)
07.90.0021 Hansen Santoso BAB 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
07.90.0021 Hansen Santoso BAB 5.pdf

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.90.0021 Hansen Santoso DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07.90.0021 Hansen Santoso LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi perusahaan, karena memiliki bakat, tenaga dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya bagi kesuksesan perusahaan di masa mendatang. Kcpuasan kerja serta komitmen organisasional karyawanmemberikan pengaruh tcrkait dengan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya yaitu melalui kinerja karyawan yang dimilikinya. Riset hubungan antara kepuasan keIja dan komitmen organisasional merupakan riset yang menjadi perhatian banyak peneliti namun hingga saat ini tidak pemah didapatkan konsistensi hasil penelitian. Secara singkat, selama ini terdapat empat golongan pandangan tentang hubungan antara kcpuasan kerja dan komitmen organisasional yaitu (1) kepuasan kerja sebagai anteseden dari komitmen organisasional, (2) komitmen organisasional sebagai anteseden dari kepuasan keIja; (3) terdapat hubungan resiprokal antara kepuasan kcrja dan komitmen organisasional, dan (4) tidak terdapat hubungan antara kcpuasan kerja dan komitmen organisasional. Namun dengan menggunakan hi variate probil mo'del maka dapat ailakukan analisis lain terhadap hubungan antara komitmen organisasional dan kepuasan kerja yaitu keduanya muncul secara bersamaan karena variabellain. Analogin~a yaitu jika dalam satu kamar terdapat air dalam gelas serta balon udara dan ji~ ~Uhu udara kamar naik, maka suhu air dalam gelas 3kan meningkat dan udara dafam balon tersebut akan memuai pula. Walaupun sulll!l air dalam gelas dan ud~ dalam balon seolah-olilh memiliki hubungan tetaQi sebenamya terdapat determinan lain yang memberilclm pengaruh tcrhadap balo ttan gelas tersebut sehingga hubungan antara suhu air dalam gelas dan udara dalam balon bersifat semu. Penelitian ini merupa.1cM replikasi konstruktif dari Rayton (2006) dan sepanjang pengetabuan penulis, ini merupakan pcnelitian pertarha di Indonesia yang menguji hubungan antara l{epuasan kerja dan komitmen organisasio~ dengan mengaplikasikan bivariate probit mo'del. Pcnelitian ini berb'eda dengan Rayton (2006) dengan menguji baik secara parsial maupun secara simUitan pengaruh antara kepuasan ketia dan komitmen organisasional terhadap kinerja. Obyek penelitian ini adalah pada LSD Furniture Semarang, perusahaan manufaktur yang memproduksi mebel.Al memilih perusahaan ini adalah karena strategi perusahaan merupakan strategi diferensiasi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas bagi konsumennya, maka kineIja karyawan akan sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas untuk memuaskan konsumennya sehingga pcneliti menganggap bahwa perusahaan merupakan media yang tepat untuk melakukan penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan yang telah bekerja minimal 1 tabun dalam perusahaan karena karyawan yang telah bekeIja minimal satu tabun telah bisa menilai kepuasan terhadap pckerjaan yang dilakukannya serta juga telah mampu merasakan komitmen kcpada perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
> 650 Management > 658 Management > Recruitment and Selection > Salesmanship > Taxation Management
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Nov 2018 06:41
Last Modified: 05 Nov 2018 06:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item