HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMEN SAYURAN ORGANIK DAN NON ORGANIK DI KOTA SEMARANG

Citra, Putri Sekarbumi Bestari (2018) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMEN SAYURAN ORGANIK DAN NON ORGANIK DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)COVER.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB I)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB II)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB III)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)BAB IV.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB V)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB VI)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)(OK).DPS.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.70.0189 PUTRI SEKARBUMI BESTARI CITRA (7.34%)LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produk hasil pertanian harus beratribut aman untuk dikonsumsi serta ramah akan lingkungan agar dapat menunjang gaya hidup yang sehat. Sayuran organik sendiri merupakan komoditas holtikultura yang diproduksi tanpa menggunakan bahan – bahan kimia seperti pestisida, insektisida, rodentisida, herbisida, dan fungisida. Indonesia telah menjadi salah satu negara yang masuk dalam sepuluh negara dengan pertambahan lahan organik tertinggi di dunia pada tahun 2016. Dengan adanya pertambahan luas lahan organik diharapkan banyak dari masyarakat yang sudah sadar akan keunggulan dari sayuran organik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, persepsi, dan perilaku konsumsen sayuran organik di kota Semarang serta mengetahui apakah perilaku konsumsi sudah mencerminkan pengetahuan dan persepsi yang dimiliki oleh konsumen. Penelitian dilakukan dengan teknik non probabilistik snowball sampling menggunakan kuesioner sebagai alat bantu kemudian dilakukan analisa data denga uji Rank Spearman. Tahapan penelitian diawali dengan melakukan pembuatan kuesioner, kemudian dilakukan survei pendahuluan, lalu revisi kuesioner, setelah itu dilakukan penarikan sampel dan dilanjutkan penarikan data, yang terakhir adalah pengumpulan data dan dilakukan analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan, pendapatan serta usia mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi sayuran organik. Pada konsumen sayuran organik terjadi korelasi kuat antara persepsi dan perilaku sebesar 0,704(p < 0,01) sedangkan pada konsumen sayuran non organik korelasi kuat terdapat pada pengetahuan dan persepsi sebesar 0,567(p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa konsumen sayuran organik telah menginterpretasikan pengetahuan dan persepsi ke dalam bentuk perilaku konsumsi, namun pada konsumen sayuran non organik belum mewujudkannya ke dalam bentuk perilaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:38
Last Modified: 05 Jul 2018 08:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item View Item