PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT PENURUNAN BURNOUT DI KALANGAN GURU

ANDRIANI, FIKI (2018) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT PENURUNAN BURNOUT DI KALANGAN GURU. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.COVER.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB I)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB II)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB III)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB IV.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB V)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB VI)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.BAB VI.pdf

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.40.0240 FIKI ANDRIANI.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap tingkat penurunan burnout dikalangan guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh brain gym terhadap tingkat penurunan burnout dikalangan guru. Pengambilan sample dilakukan menggunakan purposive sampling dengan total subyek delapan guru SMA Santo Michael (n=8). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan alat ukur skala MBI (Maslach Burnout Inventoy) dan treatment yang diberikan menggunakan brain gym. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Z skor sebesar -2,524 dengan sig = 0,006 (p < 0,01) yang menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan pada skor pre-test dan post-test pada pemberian treatment brain gym. Berdasarkan analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > Teacher
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 07:51
Last Modified: 05 Jul 2018 07:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item