STUDI PERSEPSI, PENGETAHUAN, DAN KONSUMSI AIR MINUM OLEH WARGA DI RW.04 DAN RW.05 KELURAHAN KARANGREJO SEMARANG MENURUT KELOMPOK USIA ANAK-ANAK, REMAJA, DAN DEWASA

SEKUNDINA WIDHI A., EMILIA (2017) STUDI PERSEPSI, PENGETAHUAN, DAN KONSUMSI AIR MINUM OLEH WARGA DI RW.04 DAN RW.05 KELURAHAN KARANGREJO SEMARANG MENURUT KELOMPOK USIA ANAK-ANAK, REMAJA, DAN DEWASA. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A COVER.pdf

Download (578kB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A BAB IV.pdf

Download (360kB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
07.70.0037 Emilia Sekundina Widhi A LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada beragam pilihan jenis air minum yang dapat dikonsumsi yaitu Air Matang, Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), dan Air Minum Isi Ulang (AMIU). Setiap anggota keluarga di RW.04 dan RW.05 Kelurahan Karangrejo Semarang merupakan konsumen produk air minum, termasuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik responden, persepsi, pengetahuan, dan pola-perilaku konsumsi, (2) mengetahui hubungan antara karakteristik responden dengan sumber air minum, pola konsumsi, persepsi, dan pengetahuan (3) mengetahui korelasi antar pernyataan persepsi dan pengetahuan. Metode pendekatan cross sectional dilakukan secara point time approach pada penelitian survei ini. Metode pengambilan sampel bertingkat dipilih untuk menentukan jumlah responden penelitian di RW.04 dan RW.05. Alat pengambilan data berupa pra kusioner telah diujikan kepada 46 responden, selang 30 hari kemudian kuisioner utama yang sudah sahih dan reliabel diujikan kepada 202 responden di RW.04 (38 anak-anak, 31 remaja, dan 133 dewasa) dan 229 responden di RW.05 (46 anak-anak, 34 remaja, dan 149 dewasa). Analisis data menyajikan data primer penelitian secara deskriptif, lalu data diuji menggunakan Uji Kendall’s tau-b dan Crosstabs Phi pada SPSS 16 untuk mengetahui korelasi antar karakteristik responden dengan variabel lainnya, serta data diuji menggunakan Uji Spearman untuk mengukur hubungan antar pernyataan persepsi dengan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) atribut mutu “rasa” pada air minum menduduki peringkat pertama, diikuti oleh “kejernihan” dan ”bau”, (2) ada hubungan beda nyata antara umur responden dewasa dengan persepsi suhu air minum, dimana semakin tua usianya maka semakin tinggi pula suhu air minum yang dikonsumsinya (p ≤ 0,01), (3) ada hubungan kuat antara pernyataan pola konsumsi air minum dengan pernyataan kualitas organoleptik air minum (p ≤ 0,01) oleh responden remaja di RW.05. Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan responden menghubungkan cara pandang persepsi mereka mengenai produk air minum secara umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology - Project Report
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Mar 2018 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 01:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15684

Actions (login required)

View Item View Item