STEREOTIP LAKI-LAKI PADA IKLAN TELEVISI PARFUM AXE TERHADAP MASKULINITAS PRIA METROSEKSUAL (Analisis Semiotika Iklan Parfum Axe Versi “Dark & Gold Temptation”)

Rahadian, Owen (2017) STEREOTIP LAKI-LAKI PADA IKLAN TELEVISI PARFUM AXE TERHADAP MASKULINITAS PRIA METROSEKSUAL (Analisis Semiotika Iklan Parfum Axe Versi “Dark & Gold Temptation”). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian BAB I.pdf

Download (679kB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian BAB IV.pdf

Download (924kB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
13.23.0004 Owen Rahadian LAMPIRAN.pdf

Download (224kB)

Abstract

Dewasa ini, periklanan merupakan hal yang penting dalam melakukan sebuah promosi. Seperti kita ketahui, sebuah ide-ide kreatif banyak dipakai dalam pembuatan iklan untuk menarik perhatian para calon konsumen yang dituju. Salah satu ide kreatif yang kerap tidak disadari oleh masyarakat adalah dengan menggunakan konsep maskulinitas pria. Konsep ini biasanya digunakan dalam membuat iklan produk pria dengan tujuan menarik minat calon konsumen khususnya pria terhadap produk tersebut. Dalam penelitian ini, penulis meneliti sebuah iklan televisi yang menggunakan konsep maskulinitas pria metroseksual. Iklan tersebut adalah iklan televisi parfum Axe “Dark & Gold Temptations”. Didalam konsep tersebut terdapat simbol-simbol yang membentuk stereotip pria metroseksual pada laki-laki dengan tujuan para calon konsumen pria tertarik terhadap produk tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan teori pria metroseksual menurut Euro RSCG Wolrd-wide dalam buku karya Hermawan Kartajaya. Konsep semiotika Roland Barthes menjadi dasar metodologi penelitian ini. Konsep ini menunjukkan sebuah makna denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan parfum Axe “Dark & Gold Temptations”. Makna denotasi, konotasi, dan mitos parfum Axe Dark Temptations dalam penelitian ini digambarkan sebagai pria yang lembut, hangat, dan sederhana. Untuk parfum Axe Gold Temptations digambarkan sebagai pria yang elegan dan mewah. Sifat dari kedua pria tersebut sangat berbeda satu sama lain namun memiliki ciri pria metroseksualnya tersendiri. Nantinya, pria parfum Axe Dark Temptations & Gold Temptations akan membentuk sebuah stereotip maskulin pria metroseksual yang berbeda dengan teori yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:18
Last Modified: 24 May 2022 04:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item