PENGARUH SORBET PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN FORTIFIKASI ISOLAT PROTEIN DAUN YAKON (Smallanthus sonchifolius) TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN TIKUS WISTAR

KRISTIANTO, BUDDY (2017) PENGARUH SORBET PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN FORTIFIKASI ISOLAT PROTEIN DAUN YAKON (Smallanthus sonchifolius) TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN TIKUS WISTAR. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0175 Buddy Kristianto COVER.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.70.0175 Buddy Kristianto BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.70.0175 Buddy Kristianto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.70.0175 Buddy Kristianto BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.70.0175 Buddy Kristianto BAB IV.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.70.0175 Buddy Kristianto BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0175 Buddy Kristianto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0175 Buddy Kristianto LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kadar gula darah dalam tubuh yang mengalami pengingkatan diatas level normal merupakan suatu kelainan metabolisme yang disebut dengan hiperglikemia. Hiperglikemia disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat menghasilkan insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan dengan baik. Daun yakon memiliki kandungan flavonoid, asam firulat, asam klorogenik, kafein, serta protein yang mampu memicu pengeluaran insulin oleh sel beta pankreas yang dapat menurunkan kadar gula darah. Pada penelitian ini, protein pada daun yakon kering diekstrak, diisolasi dan ditambahkan pada sorbet pisang. Sorbet pisang dapat memperkecil kerusakan isolat protein yang tidak tahan suhu tinggi dan pisang memiliki indeks glikemik yang rendah serta mengandung kalsium yang dapat menstrimulasi sekresi insulin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sorbet pisang yang diberi penambahan isolat daun yakon dalam mempengaruhi kadar gula darah dan berat badan tikus Wistar dan mengetahui hubungan antara perubahan berat badan dengan kadar gula darah pada tikus Wistar. Pada penelitian ini dibuat 3 formulasi sorbet pisang, yaitu SP, SP+IP25Y dan SP+IP50Y yang memiliki perbedaan pada jumlah isolat protein yang ditambahkan. Isolat protein yang diperoleh dari daun yakon, ditambahkan ke dalam sorbet pisang SP+IP25Y dan SP+IP50Y dengan jumlah sebanyak 25 mg/kg BB (215 mg) dan 50 mg/kg BB (429 mg). Pada penelitian ini dilakukan analisis proksimat dan pengujian in vivo. Analisis proksimat meliputi pengukuran kadar air, abu, lemak, protein dan karbohidrat. Pengujian in vivo meliputi pengukuran kadar gula darah dan berat badan tikus uji. Pengujian in vivo dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu tikus hiperglikemia yang diberi pakan standar, tikus perlakuan SP, tikus perlakuan SP+IP25Y dan tikus SP+IP50Y. Pemberian perlakuan dilakukan selama 28 hari. Semua tikus yang digunakan telah diinduksi dengan streptozotosin dengan dosis 45 mg/kg BB. Hasil analisis proksimat menunjukkan bahwa kandungan proksimat ketiga formulasi sorbet tidak memiliki perbedaan yang nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sorbet pisang, baik yang diberi penambahan isolat protein daun yakon maupun yang tidak, dapat menurunkan kadar gula darah tikus uji. Selama perlakuan diberikan, tikus mengalami penurunan kadar gula darah dan pengingkatan berat badan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:49
Last Modified: 25 Apr 2022 02:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item