PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN BROADSCOPE DAN TIMELINESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Widiastuti, A.Novita (2005) PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN BROADSCOPE DAN TIMELINESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0015 A. Novita Widiatuti LAMPIRAN.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai manfaat SAM dalam pembuktian atas pengaruhnya dalam meningkatkan kinerja perusahaan sudah cukup banyak dilakukan. Beberapa penelitian menggunakan variable intervening untuk memperjelas apakah ada factor kondisional atau pengaruh langsung atau tidak langsung yang terkait pada hubungan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa SAM khususnya untuk karakteristik broadscope dan timeliness dapat juga merupakan variable interveningdalam kaitan antara ketidakpastian lingkungan dan strategi bisnis dengan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan secara khusus di lingkungan PT. BPR di wilayah Semarang, Demak,dan Kendal. Dari 42 PT BPR, hanya diperoleh 32 PT. BPR yang mau berpartisipasi. Masing – masing direktur PT. BPR dipilih sebagai sukyek penelitian. Metode kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini pada masing-masing variable menggunakan skala 7 sebagai skala ukurnya. Pengujian validitasdan realibilitas diujikan untuk mendapatkan data yang berkwalitas. Analisa regresi linear berganda dengan variable intervening digunakan sebagai analisis. Dalam penelitian menunjukkan bahwa ketidakpastian lingkungan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja perusahaan dengan melalui karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen Broadscope dan Timeliness. Ketidakpastian lingkungan juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja perusahaan dengan melalui karakteristik SAM Timeliness. Sedangkan strategi bisnis diperoleh tidak pengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan dengan melalui karateristik SAM Broadscope dan Timeliness. Keterbatasab akan data menyebabkan penelitian ini tidak dapat secara langsung membandingkan pengaruh manfaat SAM pada Strategi bisnis yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:52
Last Modified: 04 May 2017 03:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item