PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Ekspor-Impor Di Kota Semarang)

Pratista, Tri Sandya (2008) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Ekspor-Impor Di Kota Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0242 Tri Sandya Pratista LAMPIRAN.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Partisipasi penyusunan anggaran atau tingkat keterlibatan dan pengaruh individu dalam penyusunan anggaran yang baik dapat meningkatkan kinerja manajerial karena partisipasi memungkinkan bawahan mengkomunikasikan apa yang mereka butuhkan kepada atasannya. Hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manjerial dalam penelitian ini dipengaruhi oleh factor-faktor kontijensi seperti komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, (2) untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial, (3) untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial. Responden penelitian ini adalah manajer perusahaan jasa ekspor-impor di kota Semarang. Kuesioner yang dikirim ke perusahaan sebanyak 80, kuesioner yang kembali hanya 63 dan yang dapat diolah hanya 61 kuesioner. Data yang dikumpulkan pertama-tama dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari kedua uji ini diperoleh bahwa tidak semua indikator yang digunakan untuk mengukur semua variabel mempunyai r hitung > r tabel tetapi untuk nilai Cronbach Alpha Based on Standardized Items > 0,60. Teknik pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana, berganda, dan uji selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Hipotesis pertama terdukung, semakin tinggi partisipasi dalam proses penyusunan anggaran akan meningkatkan kinerja manajerial. (2)Hipotesis kedua terdukung, semakin tinggi komitmen organisasi maka semakin efektif partisipasi anggaran dalam meningkatkan kinerja manajerial. (3)Hipotesis ketiga tidak terdukung, hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang berorientasi pada bawahan tidak dapat meningkatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
> 650 Management > 658 Management > Budgetting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:18
Last Modified: 30 Mar 2017 14:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item View Item