ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Asuransi di Semarang)

LOVENIA DP, MONICA LOLYTA (2008) ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Asuransi di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0197 Monica Lolyfa Lovenia LAMPIRAN.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat adanya pengaruh positif antara proses penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja sebagai variabel moderating. Proses penyusunan anggaran akan optimal jika manajer puncak melibatkan setiap manajer dalam organisasi, mereka mersa dilibatkan egonya dan tidak sekedar terlibat dalam pelaksanaan tugas yang akan mereka kerjakan. Dengan kata lain para manajer mempunyai rasa tanggung jawab dan konsekuensi moral dalam pelaksanaan tugasnya, maka kinerja manajerial tercapai. Dengan didukung komitmen organisasi, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja, diharapkan dapat memperkuat kinerja manjerial. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah manajer tingkat menengah pada perusahaan jasa asuransi di kota Semarang yang terdaftar dalam AAUI. Data yang terkumpul berasal dari kuesioner yang dibagikan oleh peneliti pada 17 perusahaan yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis pertama partisipasi penyusuanan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Hipotesis kedua partisipasi penyusunan anggaran akan semakin meningkatkan kinerja manajerial, ketika komitmen organisasi meningkat. Hipotesis ketiga partisipasi penyusunan anggaran akan semakin meningkatkan kinerja manajerial, ketika tingkat pendidikan meningkat. Hipotesis keempat partisipasi penyusunan anggaran semakin meningkatkan kinerja manajerial, ketika pengalaman kerja meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Public Finance > Insurance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:22
Last Modified: 30 Mar 2017 13:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13545

Actions (login required)

View Item View Item