PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Demak)

Susianti, Rosalia Ratna (2005) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Demak). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0148 Rosalia Ratna Susianti LAMPIRAN.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah merupakan replikasi penelitian dari Elfreda Aplonia Lau (2003) yang meneliti tentang apakah partisipasi pemakai berpengaruh pada kepuasan pemakai dan apakah dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakaipengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak penelitian sebelumnya yang kontradiksi, dan peneliti mencoba untuk menguji kembali pada lima faktor kontinjensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer atau sederajat pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Demak. Alasan peneliti mengambil responden kepada para manajer atau sederajat, karena manajer atau sederajat merupakan pelaksana keputusan manajemen puncak yang mampu berinteraksi dengan karyawan dan manajemen puncak, serta dapat terlibat dalam kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan oleh manajemen puncak. Dalam buku Direktori Industri Pengolahan Jawa Tengah 2002 yang ada di BPS berjumlah 59. Kuesioner yang disebar dalam penelitian ini sebanyak 130 kuesioner pada 22 perusahaan manufaktur di Kabupaten Demak, hanya 120 kuesioner (92,31%) yang kembali. Dari 120 kuesioner, 2 kuesioner (1,54%) dinyatakan tidak layak dianalisis karena pengisian tidak lengkap sehingga jumlah akhir kuesioner adalah 118 (90,77%). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan yang memiliki nomor dan alamat yang jelas serta dapat dihubungi, (2) Perusahaan yang mau berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalah regresi linier (linear regression) untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Sedangkan untuk menguji lima faktor kontinjensi yaitu dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakaipengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai pemoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa H1 diterima. Kedua, pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai yang dimoderasi oleh lima variabel menunjukkan hasil uji bahwa dukungan manajemen puncak dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05, komunikasi pemakai-pengembang dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, kompleksitas tugas dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05, pengaruh pemakai dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa H2, H3, H4, dan H6 diterima sehingga terbukti sebagai variabel moderasi. Sedangkan pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai yang dimoderasi kompleksitas sistem pada H5 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,125 > 0,05 yang mengindikasikan bahwa H5 ditolak sehingga kompleksitas sistem tidak terbukti sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:31
Last Modified: 30 Mar 2017 07:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

View Item View Item