ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEPUASAAN KERJA DENGAN KETIDAKPASTIAN STRATEJIK DAN REVISI ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Indah, Ida Ayu Sri (2005) ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEPUASAAN KERJA DENGAN KETIDAKPASTIAN STRATEJIK DAN REVISI ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0126 Ida Ayu Sri Indah LAMPIRAN.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Anggaran seringkali dipakai sebagai salah satu alat untuk menilai kinerja dan kepuasan kerja sesungguhnya dari para manajer umumnya partisipasi dinilai sebagai pendekatan manajerial yang dapat meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja anggota organisasi. Hasil penelitian sebelumnya yang menguji hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial dan kepuasan kerja memberikan hasil yang tidak konsisten antar satu peneliti dengan peneliti lainnya. Hal ini membuat para peneliti berkesimpulan bahwa kemungkinan terdapat variabel lain yang mempengaruhi hubungan antara anggaran partisipatif dengan kepuasan kerja. Menurut Govindarajan (1986) dalam Riyadi (2000) untuk menyelesaikan perbedaan tersebut diperlukan suatu pendekatan kontinjensi. Faktor kontinjensi yang dipilih dalam penelitian ini adalah ketidakpastian stratejik, dan revisi anggaran. Penelitian ini menggunakan data 29 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Biro Pusat Statistik Semarang tahun 2002. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para manajer atau kepala bagian setingkat manajer. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menguji ada tidaknya pengaruh efektivitas partisipasi penyusunan anggaran terhadap kepuasan kerja dan MRA (Moderated Regresi Analisis) yang merupakan aplikasi khusus regresi linier berganda untuk menguji ada tidaknya variabel moderating (ketidakpastian stratejik dan revisi anggaran) dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kepuasan kerja. Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran mempunyai pengaruh langsung yang signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja selain itu juga ditemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel moderating dengan partisipasi penyusunan anggaran dan kepuasan kerja. Dengan kata lain, ketidakpastian stratejik dan revisi anggaran dapat berfungsi sebagai variabel moderating dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Cost Accounting
> 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:22
Last Modified: 30 Mar 2017 07:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13307

Actions (login required)

View Item View Item