PENGARUH SALING KETERGANTUNGAN DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di Semarang)

Witarto, Ery (2005) PENGARUH SALING KETERGANTUNGAN DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0063 Ery Witarto COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0063 Ery Witarto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0063 Ery Witarto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0063 Ery Witarto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0063 Ery Witarto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0063 Ery Witarto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0063 Ery Witarto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0063 Ery Witarto LAMPIRAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara empiris menguji dalam mengetahui pengaruh saling ketergantungan terhadap kinerja manajerial baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui sistem akuntansi manajemen sebagai variabel intervening. Penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rancangan sistem akuntansi manajemen masih sangat terbatas. Akhir-akhir ini, perhatian peneliti lebih difokuskan dalam memahami bagaimana variabel kontijensi yang lain dan berbeda mempengaruhi sistem akuntansi manajemen. Banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang kurang konsisten. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitianpenelitian lanjutan. Penelitian ini membahas peran Sistem Akuntansi Manajemen terhadap hubungan saling ketergantungan dengan kinerja manajerial dan pengaruh saling ketergantungan secara langsung terhadap kinerja manajerial. Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen didefinisikan sebagai tingkat dimana manajer menggunakan informasi yang dihasilkan oleh Sistem Akuntansi Manajemen untuk pengambilan keputusan manajerial. Penelitian ini dilakukan pada 32 perusahaan manufaktur yang berskala besar di kota Semarang dengan cara menyebarkan kuesioner. Kuesioner disebarkan sebanyak 140 dan yang kembali sebanyak 98 kuesioner. Namun kuesioner yang dapat dipakai hanya berjumlah 90 kuesioner karena sisanya dianggap tidak dapat dipakai dikarenakan jawaban yang diberikan kepada responden tidak tepat dan tidak jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen sebagai variabel intervening dalam hubungan antara saling ketergantungan jika menunjukkan tingkat yang tinggi di dalam departemen perusahaan dimana pengaruhnya langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:02
Last Modified: 30 Mar 2017 07:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item View Item