PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KONFLIK PERAN TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Semarang)

Atmadja, Anita (2005) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KONFLIK PERAN TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0043 Anita Atmadja COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0043 Anita Atmadja BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0043 Anita Atmadja BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0043 Anita Atmadja BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0043 Anita Atmadja BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0043 Anita Atmadja BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0043 Anita Atmadja DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0043 Anita Atmadja LAMPIRAN.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin mengarahnya tahapan masyarakat yang berorientasi kerja, factor manusia tidak dapat diabaikan dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Kantor Akuntansi Publik ( KAP ) sebagai perusahaan profesional, juga harus memiliki keunggulan kompetitif, yang salah satu asetnya adalah karyawan. Seorang karyawan tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan bahwa mereka adalah individu yang juga mempunyai kebutuhan, keinginan dan juga harapan bagi dirinya sendiri dari tampatnya bekerja. Hal ini tentu saja membuat Kantor Akuntan Publik harus meminimalkan ketidakpuasan karyawan yang akan menimbulkan suatu bentuk keikatan atau komitmen karyawan untuk bekerja semaksimal mungkin bagi perusahaan. Factor-faktor yang berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi antara lain adalah Budaya Organisasi dan Konflik Peran. Untuk mengetahui keterkaitan antara Budaya Organisasi dan Konflik Peran terhadap kepuasan kerja dengan memasukkan komitmen organisasi sebagai variable intervening. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan kuesioner yang diberikan pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Yang menjadi populasi adalah Akuntan Publik yang tergabung dalam KAP yang berada di Kota Semarang. Jumlah KAP adalah 16 KAP dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 59 responden. Sedangkan unit analisisnya adalah staf Akuntan Publik secara individual. Dalam penelitian ini variable budaya organisasi dan konflik peran digunakan sebagai variable bebas, dan variable kepuasan kerja digunakan sebagai variable terikat serta komitmen organisasi digunakan sebagai intervening. Analisis regresi berganda digunakan untuk menunjukkan bahwa komitmen organisasi dapat menjadi variable intervening dari model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan kerja karyawan KAP. Namun demikian pengaruh langsungnya terbukti lebih besar dibanding pengaruh tidak langsungnya. Konflik peran juga memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja manajerial secara langsung maupun secara tidak langsung. Namun pengaruh konflik peran secara tidak langsung melalui komiten organiasi lebih besar dibanding pengaruh langsungnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
> 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:58
Last Modified: 30 Mar 2017 06:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item