PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN PARTISIPASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI,PELIMPAHAN WEWENANG,SISTEM KOMPENSASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Puspitasari, Lies (2004) PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN PARTISIPASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI,PELIMPAHAN WEWENANG,SISTEM KOMPENSASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0029 Lies Puspitasari COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0029 Lies Puspitasari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0029 Lies Puspitasari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0029 Lies Puspitasari BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0029 Lies Puspitasari BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0029 Lies Puspitasari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0029 Lies Puspitasari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Partisipasi manajer dalam penyusunan anggaran, akan menimbulkan inisiatif bagi mereka untuk mengembangkan ide dan informasi, meningkatkan kebersamaan sehingga tercipta komitmen diantara para manajer yang dapat menjadi tolok ukur kinerja manajerial. Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dipengaruhi oleh komitmen organisasi, pelimpahan wewenang, dan sistem kompensasi sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer tingkat menengah pada perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Dari 157 kuesioner yang diantarkan langsung ke perusahaan responden, kuesioner yang kembali hanya 103 dan yang dapat dipergunakan dalam analisa data hanya 86, sedangkan 17 kuesioner tidak digunakan karena jawabannya tidak lengkap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang dikirimkan langsung kepada perusahaan. Sebelum melakukan analisa data, peneliti melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap 30 responden untuk menunjukkan sejauh mana kuesioner tersebut dapat dipercaya dan diandalkan. Dari hasil uji validitas dengan bantuan SPSS tampak bahwa nilai r hitung > r tabel (0,361). Maka instrument variabel penelitian tersebut adalah valid. Untuk uji reliabilitas yang dilakukan dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa semua variabel penelitian adalah reliabel karena nilai alpha mendekati satu. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja manajerial, komitmen organisasi yang tinggi pada manajer akan semakin meningkatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dimana pelimpahan wewenang sebagai variabel moderating, serta sistem kompensasi yang adil pada organisasi akan meningkatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
> 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:55
Last Modified: 30 Mar 2017 06:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13175

Actions (login required)

View Item View Item