PENILAIAN KERJA PDAM KABUPATEN SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD

SUWIJANTI, - (2001) PENILAIAN KERJA PDAM KABUPATEN SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD. Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
95.60.0195 Suwijanti COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
95.60.0195 Suwijanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB II)
95.60.0195 Suwijanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
95.60.0195 Suwijanti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB IV)
95.60.0195 Suwijanti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB V)
95.60.0195 Suwijanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
95.60.0195 Suwijanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
95.60.0195 Suwijanti LAMPIRAN.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan timbulnya iklim yang lebib demokratis, kineIja organisa,i sektor puhlik banyak menjadi sorotan ak.bir - akhir ini. Masyarakat banyak memmtut !<arena buru1mya kineIja seldor publik sebingga harns dikelola ,ceara .konomis, e6sien. effektif, trnnsparan dan akuntabeL Tuntutan akuntabilitas ,ebagai suatu kebarusan bagi manajemen sektor publik untuk tidak lagi sekedar melakukan vertikal reporting yailu laporan kepada atasan, akan I A ... dilakukan horizontal reporting, yailu pelaporan kineIja,,,,,,~ a masyarakat se",gai bent rizontal accountability. '/ ~ Mengingal keterbatasan. pen.iIaiJIn kineIja .......... yang tidak sepenuhnya menuntun (-s' a:.ke yang lobib ~ _~ strateg; pemasaran dari internal ke kste~ Roboll . I dill David P. Nort mengusulkan pcnilaian eIja b+ denjpin Balanced ScJ--fl. 8alan~ Scorecard memberikan s tam-tab bagi J>OIllS"baan dalam perii1aian ki'JJ yang langsung terkait den~tnUOginya. ~~g deng,,}),I, "sep hubungan sebab alabat yang me . penyusunannya serta kebarusan [,frogukur -...-...... pemicu kinetia bukan hanya basil yan 1f$'erofel! da PDAM Kabupaten Semarang, menggunakan Permendagri No. 690.900.321 mttuk menilai kineIjanya, yang banya melihal dari aspek keuangan saja. Sebagai BUMO yang memiliki fungsi , osial dan labo, PDAM perlu memikirkan strateg; ape yang perlu mttuk kelangsungan usaha dan pertingkalan kineIjanya. Balanced Scorecard mampu memherikan kerangka untuk mengbasilkan renoana straIegik yang koheren, schingga diharapkan nantinya PDAM mampu meojadi institu5i peocipta kekayaan, yang mampu mewujudkan pelanggan yang puas. karyawan yang produkrif dan berk:omitmen., serta meng,basilkan tingkat pengembalian ( Financial Returns ) yangmemadai. Empat aspek. dalam Balanced Scorecard, yaitu aspek keuangan,. pelanggao, proses bisnis interna1, proses pembelajanm dan pertumbuhan, menjadi falrns penelitian ini. Dan aspck keuangan, alat analisa yang digunakan adalah operating rasio untuk meniJai efiSi~~Si I kehema.tan d~am · pen~naan sumber dana dan daya untuk menjalankan kegiatan opern.sianaJ erusab"'~~v.:abilitas untuk menilai , / -yang te._. d ibandingkan d."!!' ...... seluruh ' swnber pendanaan yang digun ra~;o untuk.-menilai keseim angan dian dua /" an llntuK membiayai. .. {>erusahaan yaitu m butang perusahaan, debt 10 eq dan hUlling, Likuiditas UJ1 kewajiban jangka pend pembayaran hutang d Sedangkan dari aspek pelan yang tenliri dari tingkat retensi, Untuk meogetahui tingkar kep".·~;/'N PDAM Kabupatcn Scmarang dengan penyebaran kuesioner kepada J 00 responden. Aspek proses bisnis internal, dengan membagikan kuesioner kepada para responden. Sedangkan Wltuk mempermudah analisa dan intCl'prestasi lentang am data maka data hasil penelitian tersebut perlu ditabulasikan terlebih dahuJu dan dinyatakan daJam sebuah kategori peo.ilaian yang mCDtmjuk pada pemyataan pada keadaan ataupun kcadaan ataupun ukuran kualitas. Selanjutnya digolongk8J1 ke dalam empat katcgori penilaian yailu sangal baik, baik, cukup baik, jelek I buruk. Dimana batas - baw setiap katcgori penilaian ditcntukan dengan rumus yang digWlakan untuk mcodukung interval ( kelas cukup baik, jelek I buruk ). Dim .. a balas - baw setiap kategoR penilaian ditcntuk8J1 dengan rumus y8J1g digunakan untuk mcndukung interval kclas data ordinal sebagai berikut = Nilai Max - Nila! Min dibagi dengan jumlah kategori kelas (ada 4 yaitu = SB, B, CB, TB ). Aspek proses pembelajaran dan pertumbuhao, a1at analisanya adalab tingkat produktivitas karyawan dan tingleat k~ ?y~utuk mengetabui tingleat kepuasan karyawan PDAM Kabu SemarangL deDgan penyeb esioner kepada 60 responden I kBfYOw . Untuk 7 yata1iiin bng!<. epnasan digunakan skala liken untukm .. { hilUIlg bObot setiap ~1Iian. Dari hasil aoalisis iketahw Jwa tingkat ra target kurang dan sama deoJ.. o's{per tabun, .eaal;gle i!&bt solvab ·tas y dicapai sebesar 1,30 dan I et > 2".',,:r tahun, d;t r;;uity nsio [I g dicap~i sebesar 2,26 dan target ' d":; ,gant~\un, tingleal likui~ sebesar 0,66 dan target 2 p , 1llS'0 laba-e r -, dll'ii target> er talJUn. Dan target 100 % penduduk toe yani, hanya 14,63 yang ter~~ tingleat akuisisi sangat rendab dan~p~~ yang keluar. Kebanyakan pelanggan banya merasa cukup puas babkan renderung kecewa, dan profitabilitasnya cendenmg mcourun. Hasil kuesioner yang mengacu pada tolok ukur perspcktif proses bisnis internal seperti proses operasi, proses pelayanan lerD1asuk dalam penilaian baik Dan a,pek penumbuban dan pembel.jaran, tingkat produktivitas karyawan meningkat sebesar 941 OS7 ,97 pada tabun 2000 dan tidak ada karyawan yang keluar. Tingkat kepuasan karyawan PDAM Kabupateu Semarang, kebanyakan karyawan meras. puas. PeIbaikau - perbaikau dibidang operasional, seperti distribusi .ir yang lancar teutu akan meningkatkan kepuasan pelanggan. serta penggantian pip. - pipa yang sudah usang akan menekan tingkat kebncoran air dan meningkatkan produksi. Penjualan air serta labapun meningka~ sehingga dibarapkan mampu menghasilkan tingkat pengembalian ( Financial Returns) yang memadai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Performance Appraisal
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:16
Last Modified: 30 Mar 2017 06:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item