PENERAPAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENURUNKAN GEJALA GANGGUAN MEMBACA PADA ANAK PEMBACA PEMULA

Puspitaningrum, Diyah (2010) PENERAPAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENURUNKAN GEJALA GANGGUAN MEMBACA PADA ANAK PEMBACA PEMULA. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Cover.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.92.0043 Diyah Puspitaningrum - Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstraksi Tujuan Penelitian ini ada1ah menerapkan metode mutisensori untuk menurunkan gejala-gejala gangguan membaca pad a anak pembaca pemula. Metode multisensori melibatkan empat indera yaitu visual, auditory, kinesthetic dan tactile. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan metode multisensori dapat menurunkan gejala-gejala disleksia pada anak. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain pEmelitian single case design. Desain eksperime enggunakan interrupted time series design. Subjek penelitian sebanyak dua anak dengan gejala disleksia yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode multisensori dari Gillingham. Perlakuan diberikan seoanyak 20 kali selama 1 bulan. Alat ukur menggunakan skala rating gejala gejala disleksi , Reliabilitas alat ukur menggunakan Inteffater Reliability dan Validitas alat ukur menggunakan Content Validity. Gejala gangguan membaca yang muncul pada anak diuku menggunakan skala rating gejala-gejala disleksia yang diisi oleh 3 rater. Skala ini diisi oleh rater saat sebelum dan setelah subyek mendapatkan perlakuan. Ahalisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan gejala-gejala gangguan membaca pada kedua subjek setelah clib rikan metode multisensori. Dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima yaitu adanya penurunan gejala-gejala gangguan membaca pada anak setelah diberikan metode multisensori. Kata Kunci: Gang.g an membaca, Metode Multisensori, Interrupted time series design.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Sensory Perception
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:56
Last Modified: 02 Feb 2017 07:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item