ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA SELISIH ANGGARAN DENGAN REALISASI PENDAPATAN, BIAYA DAN LABA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN DATI II TEMANGGUNG

KUNCORO, R. AGUNG TRI (1998) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA SELISIH ANGGARAN DENGAN REALISASI PENDAPATAN, BIAYA DAN LABA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN DATI II TEMANGGUNG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro COVER.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text (BAB II)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro BAB IV.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
92.60.0028 F. Agung Tri Kuncoro LAMPIRAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Baden Usaha Hilik Negara / Daerah (BUMN/D) :::e:bagai salah satu sokoguru perekonomian Indonesia dise,mping swasta dan koperesi mempunyai peranan sangat pent-ing, yaitu slat pemerintah untuk mengatur selttor 1..1603.ha :.,;ang menyangkut hajat hidup orang bany t. EUt,m/D ~iuga beriungsi secara ~~~~~~tUk ml';;r;lperoleh pelayanan yang I;\dil/ harga y'ang ~ erjangk "enjamin kela ngsunl/:hi d,:>,...remamptrtJ.n invest profit marg i n . ( g Iayfi.{ dan wS ar bag1 / pengelola . Karen&. yai tu ?nta r'a s etaligu.':", yang 1ab6 ( fungsi t u.j uan terse but hal~ u s jual produl: . Di mena oleh iaktor biaya dan fakto r' Helihat fak t or-faktor tersE:but yan g. paling bErc:·,::,ran pent i ng ada lah fal:tor biay;::., dimana perl-:ir'aan besarn yc, biaya yang dituangkan ke dala.. m angg.:'l.ran b iaya d i .jad.ikan dasar penentuan biaya pokok berdasar}:.an pencle}:atan full costong.. Dimana ha::::.il perhi tungan akan diber laku}:an sE::bagai terif penjualan air minum, yang pad a kenyataannya harga jual (tarif) yang diberlakukan belurn ·dapat memuaskan v kedua belah pihak baik konsumen maupun bagi PDAH sendiri. S-ehingga bagi PDAH belum bisa memperoleh leba yang optimal. Ini dimungkinkan kerena penyusunan anggaran yang terlalu keeil (sehingga tarif rendah) ata\l ter~"\adi pemben gJ.;:al, an biaya dalam realisasinya, Anggaran Pendapatan yang tidak tersealisir seperti yang diharapJ:;:an sehingga laba yang diperoleh tidak sebesar yang dianggarkan. Dari hasil operasi dengan anggaran yang cuku:p bes al' p"=lda dit.e!iti adalah dengan realisa.. s. i"·~" Hasil ab.. u·asin:ta p-?n yang menggunekan Sehingg.a. ~iumla h ing pF.: ndapatan dengan pend!lpatan no se1i:=:1h anggaran dengan 1'.:-:a11sa5i dibandingkan yang untuk anggaran ala :::urang t · utama ditambah p-=nyebab biaya adal&h manaj emenkurang baik dalam Incnyueun anggaran karena ada beberap& anggaran ~'ang diba"~fah r'.:-ali~.asi tahtm lalu dan menejemen dalam pengenda!ian biaY6.l1Yc. kurang baik t.el'bukti dar i besarnya realisasi dibandingkan anggarannya. Juga faktor kekeringan yang memaks.::a ?erusahaan mengeluarkan biaya lebih besar. Akibat tidal-: terpenuhinya pendapatan yang dianggarkan dar. lebihnya biaya yang dikeluarkan maka laba yans diperolehpun lebih keeil dar! anggaran laba yang akan diperoleh_ Sebaiknya perueahaan dalam menyusun mempertimbangkan seillruh faktor yang dimungkinkan akan berpengarllh - d a lam operasi perusahaan. sehingga realiasi yang terjadi tidak akan bergeser jauh dari anggaran yang telah ditetapkan, baik mengenai Pendapatan yang akan diperoleh. yang akan dihasilkan. l \ "

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:55
Last Modified: 02 Feb 2017 07:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item