Efek Penerapan Compic Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis Non Verbal

LENAWATY, VEVA (2009) Efek Penerapan Compic Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis Non Verbal. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Cover.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.92.0040 Veva Lenawaty - Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasif (pervasif Developmental Disorder) yang ditandai dengan gangguan kualitatif dalam interaksi sosial, komunikasi, perilaku, minat dan kegiatan. Anak autis non verbal adalah anak autis yang memiliki kesulitan berkomunikasi dengan bahasa atau berbicara, tidak mengerti bahasa gerak atalJ isyarat sehingga memiliki hambatan (jalam mengekspresikan keinginannya. Keterbatasan komunikasi dalam melakukan komunikasi yang efektif menyebabkan anak berperilaku negatif seperti perasaan tertekan, agresif, menyakiti di[i sendiri, temper tantrum dan frustasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penerapan COMPIC dalam meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autis non verbal. COMPIC merupakan alat bantu visual y'ang bertujuan untuk menjembatani komunikasi pada anak autis non verea!. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen model single subjek design, yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan satu subyek. Penelitian ini menggunakan paradigm a A-B-A. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah rating scale kemampuan komunikasi ana autis non verbal. Pengujquran dilakukan pada pada saat baseline, treatment, paska perlakuan dan evaluasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan COMPIC dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis non verbal. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rating scale dan respon munculnya spontanitas pada anak autis non verbal. Kata kunci : Autisme, metode COMPIC, Kemampuan komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Abnormal Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
> 610 Medicine and health > 616 Diseases > Autism
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:52
Last Modified: 02 Feb 2017 07:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item