ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MUTU PRODUK MINUMAN SERBUK RASA BUAH "MARIMAS" DI KOTA YOGYAKARTA

Sari, Rr. Dyah Permata (2004) ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MUTU PRODUK MINUMAN SERBUK RASA BUAH "MARIMAS" DI KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari COVER.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB II)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB V)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.70.0081 rr. Dyah Permata Sari LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minuman serbuk daJam ktmasan merupakan inovasi dalam teknologi pangan yang sudah dikenal dan dapat d)t;rima oleh masyarakat. Jenis minuman yang praktis, murah dan enak ini telah menjadi (rend bagi masyarakat untuk menyajikan suatu minuman bagi keluarga. Marimas merupakan minuman serbuk yang diproduksi oleh PT. ulam Tiba Halim, yang ikut meraimaikan pasar minuman serbuk. Penelitian ini bertujuan menganalisa persepsi dan sikap konsumen, terhadap produk Marimas, dan dilakukan terhadap 325 responden dari 7 kecamatan di Kota Yogyakarta, meliputi Kecamatan Umbulharjo, Mergangsan, Jetis, Gondokusuman, Danurejan, Kraton dan Tegalrejo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner secara langsung. Data yang diperoleh dianalisa dengan uji beda dan uji hubungan, dilakukan pada tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil survei menunjukkan Marimas berada kuat dibenak konsumen Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan posisi Marimas sebagai top of mind 1 (43,24%) dan top of mind 2 (21,94%). Produk Nutrisari merupakan pesaing utama produk Marimas, karena menempati posisi pertama dalam top of mind 3. Iklan memberikan informasi pertama produk Marimas kepada konsumen, sebanyak 89,85% responden mengetaliui Marimas dari iklan. Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli Marimas adalah adalah variasi rasa (32,78%), murah (32,96%) dan mudah diperoleh (22,96%). Dari berbagai variasi rasa yang tersedia, sebanyak 49,23% responden memilih rasa jeruk segar sebagai rasa yang paling disukai. Dari berbagai keunggulan yang ada pada Marimas, menyebabkan terjadi pembelian ulang pada 1 - 7 kali dalam seminggu, dengan frekuensi pembelian terbesar dua kali seminggu (42,68%). Anak - anak merupakan konsumen terbesar produk Marimas. Sebanyak 44,62% responden pernah mendapatkan produk yang rusak ketika membeli produk Marimas, dengan kerusakan yang paling sering ditemui adalah menggumpal (53,47%). Hal ini tidak mengurangi frekuensi pembelian Marimas dan didapatkan bahwa sebanyak 39,69% konsumen merekomendasikan Marimas. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Marimas merupakan minuman serbuk yang dipilih konsumen. Dari hasil yang telah didapatkan, diharapkan dapat memberikan informasi untuk meningkatkan kualitas produk dari berbagai aspek dan penting bagi konsumen untuk menemukan produk dngan inovasi yang baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 02 Feb 2017 01:44
Last Modified: 02 Feb 2017 01:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item