Studi Persepsi dan Preferensi Mahasiswa Unika Soegijapranata yang Indekost di Karangrejo dan Tinjomoyo terhadap Produk Ikan dan Daging Kalengan

YULIANI, - (2006) Studi Persepsi dan Preferensi Mahasiswa Unika Soegijapranata yang Indekost di Karangrejo dan Tinjomoyo terhadap Produk Ikan dan Daging Kalengan. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.70.0020 Yuliani COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.70.0020 Yuliani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB II)
01.70.0020 Yuliani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB III)
01.70.0020 Yuliani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
01.70.0020 Yuliani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB V)
01.70.0020 Yuliani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.70.0020 Yuliani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin terbatasnya waktu, memaksa manusia untuk mencari bahan pangan yang praktis, siap saji, dan tahan lama. Makanan kaleng adalah salah satu alternatif bagi mahasiswa yang indekost. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan preferensi mahasiswa kost terhadap produk ikan, corned beef dan sosis kalengan. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan metode Snow Ball Sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unika Soegijapranata yang indekost di Karangrejo dan Tinjomoyo sebanyak 90 orang. Analisis data ditampilkan secara deskriptif. Sebagian besar responden berjenis kelamin wanita (83%), dan uang makan responden per bulan Rp. 301.000-500.000,- (59%). Responden mengetahui produk ikan dan daging yang dikalengkan dari iklan dengan tempat pembelian di supermarket dengan frekuensi konsumsi < 3 kaleng per minggu karena produk ikan dan daging yang dikalengkan bagi responden hanya makanan selingan saja, yaitu dikonsumsi bila ada selera. Responden mengolah dan menambahkan bahan-bahan makanan seperti sayuran, cabai, dan sebagainya jika akan mengkonsumsi produk ikan dan daging yang dikalengkan. Responden berpendapat bahwa produk ikan dan daging yang dikalengkan aman dikonsumsi sesuai kebutuhan, sehingga mereka tidak mengkhawatirkan kesehatan setelah mengkonsumsi produk ikan dan daging yang dikalengkan. Produk ikan yang dikalengkan yang paling disukai responden adalah ikan sarden dengan saos standar dengan merk ABC sedangkan produk corned beef yang dikalengkan yang paling disukai responden adalah merk ABC. Produk sosis yang dikalengkan yang paling disukai responden adalah sosis sapi dengan merk Pronas. Rasa enak, mudah didapat, kualitas terjamin, harga terjangkau menjadi pertimbangan responden dalam memilih produk ikan dan daging yang dikalengkan. Banyak responden yang tidak mengetahui proses produksi dan gizi produk ikan dan daging yang dikalengkan karena pengetahuan gizi tidak berpengaruh banyak terhadap kebiasaan makan seseorang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
> 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food storage
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:31
Last Modified: 19 Oct 2016 03:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item View Item