CONTENT ANALYSIS INFORMASI PRE-ON-POST TRIP TENTANG KOTA SEMARANG SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA (STUDI PADA EXPATRIATE NON-ASIA YANG BEKERJA DI KOTA SEMARANG)

Gunarso, Arif (2016) CONTENT ANALYSIS INFORMASI PRE-ON-POST TRIP TENTANG KOTA SEMARANG SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA (STUDI PADA EXPATRIATE NON-ASIA YANG BEKERJA DI KOTA SEMARANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB II)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB IV)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.30.0050 Ignatius Arif Gunarso LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Analisis isi (Content Analysis) adalah sebuah teknik penelitian untuk mendeskripsikan isi manifes komunikasi secara objektif, sistematik dan kuantitatif. Sedangkan informasi adalah suatu penerangan atau penjelasan atau pemberitahuan kabar tentang sesuatu yang kurang jelas. Klasifikasi media pariwisata dilihat berdasarkan tahapan yang dialami oleh para pendatang. Pendatang atau expatriate yaitu warga negara asing yang sedang bertugas atau bekerja di Kota Semarang dan bukan merupakan tenaga kerja asing yang hanya bekerja untuk sementara waktu saja. Terdapat tahapan sebelum (pre), saat sedang menjalani (on) dan sesudah menjalani sebuah kegiatan berwisata (post). Destinasi pariwisata atau yang biasa disebut dengan tourism destination menurut peneliti adalah sebuah tempat yang memiliki fasilitas pariwisata dimana tempat tersebut mampu menjawab keinginan wisatawan untuk mendapatkan tempat yang aman, nyaman, damai, terdapat stability, adanya positive market image, pre tourism policies yang baik, dan adanya akses yang mudah untuk menjangkau tempat tersebut. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa untuk tahapan pre, sebagian besar dari responden tidak merasa cemas ketika harus meninggalkan negara asalnya dan menuju ke Semarang, namun mereka tidak mendapatkan banyak informasi seputar Kota Semarang. Dan pada tahapan on mereka cukup senang berada di Semarang, menganggap Semarang sebagai rumah keduanya, meskipun menurut mereka Semarang bukanlah sebagai Kota Wisata, melainkan seagai Kota Industri dan Kota yang nyaman untuk ditinggali. Sedangkan pada tahapan post mereka mengatakan akan melakukan kunjungan kembali (revisit) ke Kota Semarang, dan akan menceritakan kepada keluarga dan teman dekatnya di negara asal, dan mereka mengaku akan merasa kehilangan, rindu akan Kota Semarang yang pernah mereka tinggali untuk beberapa tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management
900 History and Geography > 910 Geography and travel > Tourism
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:25
Last Modified: 04 Oct 2016 04:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item