APLIKASI SPRAY DRYING DAN PENAMBAHAN MALTODEXTRIN DALAM PEMBUATAN SERBUK PEWARNA HIJAU DAUN SUJI (Pleomele angustifolia N.E. Brown)

KUSUMA, THERVINA YENNI TRI (2016) APLIKASI SPRAY DRYING DAN PENAMBAHAN MALTODEXTRIN DALAM PEMBUATAN SERBUK PEWARNA HIJAU DAUN SUJI (Pleomele angustifolia N.E. Brown). Other thesis, PRODI TEKNOLOGI PANGAN UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma COVER.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB II)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB III)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB IV)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB V)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0121 Thervina Yenni Tri Kusuma LAMPIRAN.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Daun suji merupakan tumbuhan yang memiliki potensi sebagai pewarna alami, karena daun suji memiliki pigmen klorofil yang terkandung didalamnya. Pigmen klorofil memiliki warna hijau. Namun pewarna alami memiliki kelemahan yaitu tidak stabil, maka dari itu serbuk pewarna hijau daun suji menggunakan metode pengeringan semprot dengan penambahan mlatodekstrin sebagai mikroenkapsulasi. Pembuatan serbuk pewarna hijau daun suji menggunakan spray dryer yang menggunakan suhu panas, tetapi pigmen klorofil tidak tahan terhadap panas, maka ditambahkan MgCO3 (Magnesium Karbonat) yang digunakan sebagai pelindung klorofil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisikokimia serbuk pewarna hijau daun suji yang dibuat menggunakan spray dryer dan menggunakan maltodekstrin dengan konsentrasi yang berbeda. Pada tahap awal penelitian ini yaitu membuat ekstrak daun suji dengan cara daun suji dihancurkan dan dilarutkan dengan aquades (1:3), setelah itu dicampur dan dipecah kembali dengan menggunakan blender lalu disaring. Setelah ekstrak jadi, ditambahkan maltodekstrin dengan konsentrasi 10% dan 20% dengan menggunakan suhu inlet 50oC dan outlet 60oC. Kemudian ekstrak tersebut dikeringkan dengan spray dryer yang menghasilkan serbuk pewarna hijau daun suji. Setelah mendapat serbuk pewarna hijau daun suji maka dilakukan pengujian karakteristik serbuk secara fisik yang meliputi analisa rendemen, analisa warna, analisa bulk density, analisa kemampuan pembasahan, dan analisa daya larut, juga dilakukan pengujian secara kimia yang meliputi analisa kadar air, analisa aktivitas antioksidan, dan analisa kadar klorofil. Hasil penelitian ini menunjukan dengan penambahan konsentrasi maltodekstrin dalam pembuatan serbuk pewarna hijau daun suji dapat meningkatkan hasil rendemen, bulk density, nilai kadar air, dan aktivitas antioksidan. Namun juga dengan penambahan konsentrasi maltodekstrin dapat mempengaruhi penurunan intensitas warna, daya larut, waktu pembasahan, dan kadar klorofil juga semakin banyaknya konsentrasi maltodekstrin dapat membuat serbuk pewarna hijau daun suji memiliki warna yang tidak bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Drying
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:59
Last Modified: 18 Oct 2022 01:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item