METODE READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS TIGA SEKOLAH DASAR

Hartono, Marsyela Natalia (2016) METODE READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS TIGA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB II)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB III)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB V)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.92.0024 Marsyela Natalia Hartono LAMPIRAN.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode “Read Aloud” dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas tiga sekolah dasar. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman antara sebelum dan setelah perlakuan dengan menggunakan metode Read Aloud. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen One Group Pre-test Post-test Design, dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa kelas tiga sekolah dasar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca pemahaman cerita yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Analisa data dengan menggunakan uji beda non parametric test yaitu UMan Whitney test. Pada uji hipotesis dapat diketahui bahwa nilai Z= -2,950 (p<0,01) menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman melalui metode Read Aloud antara sebelum dan setelah treatment. Kemampuan membaca pemahaman sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran (Mean Pretest = 3,50 menjadi mean Posttest = 9,50). Hasil ini menunjukan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:18
Last Modified: 29 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item